Asuransi Pendidikan, Perlu atau Tidak?

13 Juli 2021



Asuransi pendidikan perlu dimasukkan ke dalam rencana keuangan rumah tangga Anda. Sebab biaya pendidikan selalu naik tiap tahun sehingga Anda perlu menyiapkan uangnya sejak jauh hari. 

Dalam praktiknya, asuransi pendidikan berfungsi untuk menjamin biaya pendidikan anak. Mekanismenya, Anda membayar premi sesuai dengan kesepakatan antara Anda dan perusahaan asuransi. Lalu pihak perusahaan asuransi akan mencairkan sejumlah dana sesuai jadwal yang ada dalam ketentuan polis asuransi pendidikan yang Anda pilih. 

Beberapa manfaat asuransi pendidikan:

1.    Sebagai alat untuk membantu mengumpulkan dana pendidikan.  Anda akan menyetor premi asuransi pendidikan setiap bulannya secara rutin untuk dana pendidikan buah hati Anda kelak.  

2.    Memberikan proteksi manfaat walaupun tidak sebanyak investasi saham, namun asuransi pendidikan memberikan proteksi jiwa kepada tertanggung. Bila tertanggung meninggal dunia, asuransi pendidikan akan memberikan uang pertanggungan kepada ahli waris sesuai dengan nilai yang disepakati bersama. 

3.    Asuransi pendidikan memberikan dana pendidikan sesuai dengan tingkatan pendidikan anak Anda. Lalu, Anda akan mendapatkan sejumlah dana dari perusahaan asuransi ketika anak Anda memasuki usia SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. 

4.    Asuransi pendidikan membantu mengatur keuangan Anda lebih baik. 

Baca Juga
Cara Mendapatkan Asuransi Pendidikan Terbaik
Pilih Asuransi Pendidikan atau Tabungan Pendidikan?
Jelang Tahun Ajaran Baru, Kenali Asuransi Pendidikan Terbaik

Tips Memilih Perusahaan Asuransi Pendidikan Anak

Perusahaan Asuransi
Perusahaan penyedia asuransi pendidikan anak terbaik di Indonesia harus berada di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Tanpa adanya persetujuan dari OJK, perusahaan asuransi tersebut telah melanggar hukum dan dianggap melakukan praktik ekonomi ilegal. 

Perusahaan yang baik juga memberikan penjelasan tentang produk perlindungan dana pendidikan secara jelas. Oleh sebab itu, agen yang dipekerjakan oleh perusahaan asuransi wajib memiliki sertifikasi keagenan sebagai bukti mereka telah memiliki kompetensi standar yang dibutuhkan untuk mengedukasi sekaligus memasarkan produk proteksinya.

Besaran premi dan Uang Pertanggungan
Salah satu ciri produk perlindungan yang baik adalah adanya besaran premi yang rasional dan tidak memberatkan. Tidak ada nominal pasti tentang besar premi karena kebutuhan dana pendidikan masing-masing orang berbeda dan bergantung pada usia saat mendaftar. Layanan yang ditawarkan biasanya memberikan kesempatan bagi nasabah untuk bernegosiasi tentang berapa jumlah kontribusi yang sanggup mereka bayarkan untuk tiap periodenya.

Uang Pertanggungan diberikan pada saat anak akan masuk sekolah. Uang ini adalah patokan utama untuk menentukan apakah sebuah produk proteksi pantas Anda miliki. Uang pertanggungan ini harus dapat diklaim di waktu yang disepakati dalam surat polis. Itulah mengapa asuransi pendidikan sangat diperlukan untuk kehidupan Anda dan keluarga. 

Jadi, sudahkah Anda memiliki asuransi pendidikan untuk anak? Bila belum, asuransi pendidikan dari Sequis dapat menjadi alternatif yang dapat Anda pertimbangkan. Baca profil produk-produk selengkapnya dengan klik di sini. Atau Jika Anda membutuhkan panduan lebih intensif dari personal care Sequis, hubungi di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Hidup akan selalu punya kejutan, Plan The Unplanned with Sequis!

Butuh bantuan ?