Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ciri-ciri Gaya Hidup Boros yang Kadang Tidak Disadari

13 Juli 2023



Kadang, seseorang tak menyadari telah menggunakan uang secara boros. Bahkan uniknya, orang-orang seperti itu merasa sudah menjalani gaya hidup sederhana. Bagaimana dengan Anda? Yuk evaluasi finansial dari sekarang. Bila sudah melakukan beberapa hal berikut, Anda sebetulnya sudah menggunakan uang secara boros.

1. Sering menghabiskan waktu di pusat perbelanjaan/mall/cafe untuk membeli barang mewah atau membeli makanan serta minuman berharga mahal.
2. Secara tidak sadar membeli barang-barang berkaitan dengan hobi dengan jumlah lebih dari satu dan membelinya agar mendapat pusat perhatian. Misal, punya tiga sepatu keluaran terbaru untuk bermain tenis, empat sepatu untuk olahraga lari, serta dua sepatu untuk bersepeda.

Baca Juga: Bahaya Gaya Hidup Boros, Bikin Stres dan Konflik Keluarga

Secara garis besar, gaya hidup boros dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor internal dan eksternal. Berikut kedua faktor tersebut seperti yang dilansir dalam beberapa sumber:

1. Faktor Internal berasal dari dalam diri individu yang didasarkan ke keyakinan atau rasa untuk bergaya hidup sesuai keinginan. Sifat dan anggapan bahwa seseorang harus menunjukan kemewahan, kemegahan, dan senang menjadi pusat perhatian. Pemikiran seperti itu menjadi faktor yang menyebabkan seseorang menjalani hidup boros.

2. Faktor Eksternal terjadi ketika seseorang berteman dengan orang-orang yang terbiasa hidup mewah dan boros, lalu kemungkinan besar orang tersebut juga turut mengikuti gaya hidup di lingkungan pertemanan tersebut.

Baca Juga: Punya Kebiasaan Boros? Lakukan Ini Agar Bisa Investasi

Orang-orang yang memiliki gaya hidup boros sebenarnya cukup mudah dijumpai. Banyak di antara mereka yang bahkan menunjukan kemewahan dan kemegahan gaya hidupnya di sosial media. Berikut ini beberapa contoh yang sering dijumpai di tengah masyarakat Indonesia yang dikutip dari Grid.id.

1. Membeli kendaraan mewah
Salah satu contoh gaya hidup boros yang sering dijumpai yaitu membeli dan memiliki kendaraan mewah. Banyak orang yang membeli mobil mewah bukan untuk kebutuhan, namun hanya karena kepuasaan diri saja. Banyak juga menganggap memiliki kendaraan mewah akan meningkatkan status sosial. Pemikiran-pemikiran tersebut yang mendorong banyak orang untuk berlomba-lomba membeli kendaraan mewah di luar kemampuannya.

Baca Juga: Cara Aman Agar Tak Boros Saat Diskon Akhir Tahun

2. Gemar belanja
Kebiasaan belanja yang berlebihan ternyata termasuk contoh gaya hidup boros. Seseorang yang mempunyai sifat gemar belanja, umumnya tidak memikirkan fungsi dan keperluan dari barang tersebut. Seseorang yang memiliki kegemaran belanja, biasanya hanya membeli barang hanya karena keinginan saja bukan berlandaskan pada keperluan.

Butuh bantuan ?