Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Punya Kebiasaan Boros? Lakukan Ini Agar Bisa Investasi

10 Oktober 2022



Investasi adalah salah satu cara untuk meningkatkan nilai uang serta mendapatkan imbal hasil investasi yang menguntungkan pada masa depan. Namun, semua itu bisa didapat bila berinvestasi dengan tepat dan cermat. Sayangnya, skill investasi mumpuni tidak dimiliki oleh semua orang. Terutama oleh orang-orang yang belum melek literasi finansial atau masyarakat yang sudah terbiasa hidup boros. 

Baca Juga
Mindfulness untuk Mencapai Tujuan Investasi
Tips Investasi Reksa Dana untuk Investor Pemula
Pentingnya Pengkinian Data dan Manfaat Bagi Nasabah Sequis
Ini Panduan Investasi untuk Pelajar dan Mahasiswa
Beberapa Tips Investasi untuk Perempuan Kekinian

Anda termasuk dalam kelompok yang mana? Bila belum paham mengenai investasi dan terbiasa hidup boros, ada baiknya melakukan hal-hal sederhana seperti berikut ini terlebih dahulu sebelum memutuskan berinvestasi: 

Sisihkan Uang Setiap Hari untuk Investasi 
Anda harus disiplin menyisihkan sebagian pendapatan untuk ditabung. Tentunya, tujuan akhirnya adalah menggunakan uang yang sudah dikumpulkan untuk investasi. Cobalah dengan cara yang sederhana, contoh menyisihkan Rp100 ribu per minggu. Bila berhasil, usahakan naikkan nominal pada bulan berikutnya. Bila sudah terbiasa, silakan gunakan uang yang sudah terkumpul untuk investasi yang sederhana dan minim risiko seperti investasi  reksa dana atau membeli emas.

Baca Juga
Penyebab Rencana Menabung Cuma Jadi Wacana
Solusi Investasi Usai Pasar Kripto Perlahan Menurun
3 Tips Investasi Saham untuk Masyarakat Gaji UMR
Tips Merdeka Finansial: Memiliki Asuransi Kesehatan Sequis
Tips Investasi Jangka Panjang untuk Pasangan Muda

Membuat Money Diary untuk Diri Sendiri  
Metode money diary adalah kegiatan pencatatan setiap pengeluaran dan pemasukan. Tujuan money diary adalah evaluasi keuangan pada akhir bulan. Nantinya, Anda bisa mengevaluasi pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Lalu mengubah pos pengeluaran itu ke pos investasi. Money diary adalah cara efektif dan mudah agar Anda lebih bijak mengatur bujet bulanan. 

Baca Juga
Kiat Investasi untuk Milenial Zaman Now
Gaji Cepat Habis saat WFO? Perhatikan 3 Hal Ini
Apa itu Dana Darurat dan Asuransi?
Tips Belanja yang Sehat saat Musim Liburan
Fungsi dan Tugas Manajer Investasi

Tumbuhkan Minat Investasi Lewat Aplikasi 
Sekarang, keinginan Anda untuk merencanakan keuangan makin mudah karena ada beragam aplikasi yang dapat dimanfaatkan. Beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk membantu cash flow di antaranya Wallet, Finku, Spendee, atau Money Manager Expense & Budget. 

Butuh bantuan ?