Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Fresh graduate Sudah Menyiapkan Dana Pensiun, Kenapa Enggak?

21 Desember 2021



Masa tua yang nyaman dan bahagia sudah sepatutnya masuk dalam rencana masa depan setiap orang. Termasuk anak muda yang masih berstatus sebagai fresh graduate atau para first jobber.

Bila sejak muda sudah menyisihkan uang, peluang fresh graduate memiliki dana melimpah saat masa tua sangat besar. Dengan dana itu, mereka bisa menikmati masa tua dengan penuh kesenangan tanpa diliputi kekhawatiran krisis finansial.

Salah satu cara untuk mewujudkan masa tua yang menyenangkan bisa dilakukan dengan investasi jangka panjang. Nantinya, return atau hasil investasi dapat menjadi sumber penghidupan yang sangat menjanjikan saat kondisi fisik tidak lagi memungkinkan untuk bekerja dan menghasilkan uang ketika memasuki usia pensiun. 

Investasi adalah cara ampuh ketimbang menabung jika memang diperuntukkan untuk jangka panjang. Meski demikian, Anda perlu mempertimbangkan jenis produk penanaman modal yang tepat agar tujuan finansial tercapai. Salah satu jenis investasi jangka panjang yang banyak dilirik masyarakat adalah reksa dana.

Baca Juga
Kenapa Asuransi Dana Pensiun Penting? Ketahui Manfaatnya
Rekomendasi Jenis Asuransi untuk Persiapan Dana Pensiun
Siapkan Dana Pensiun dengan Investasi Jangka Panjang
Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Dana Pensiun?

Reksa dana merupakan salah satu instrumen investasi yang bisa dimanfaatkan untuk mengumpulkan dana hari tua. Dalam praktiknya, investasi reksa dana akan memudahkan para investor pemula. Karena yang mengelola reksa dana adalah Manager Investasi (MI) yang sudah tersertifikasi dan memang ahli di bidangnya. 

Berinvestasi di reksa dana bisa dilakukan dengan modal Rp100 ribu.  Nantinya, dana yang disetorkan akan dikelola oleh MI sehingga Anda tidak perlu ikut mengamati dan menganalisis pasar saham yang rumit. MI yang mengelola investasi reksa dana Anda telah tersertifikasi dan mendapatkan izin di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).  

Ohya, bagi para investor pemula, sebaiknya pilih investasi reksa dana dengan risiko rendah terlebih dahulu yaitu reksa dana pasar uang. Reksa dana ini cocok untuk investasi dengan jangka waktu di bawah 1 tahun. Kemudian secara bertahap, ketika sudah mulai terbiasa dan mengenal investasi reksa dana, Anda bisa meningkatkan investasi Anda ke reksa dana pendapatan tetap yang memiliki risiko moderat, sesuai untuk investasi dengan jangka waktu 1-3 tahun. Dan bila Anda sudah berani mengambil risiko tinggi, bisa memilih reksa dana saham, cocok untuk investasi jangka panjang yang bisa digunakan untuk masa tua. 

Anda bisa mencoba menggunakan reksa dana dari Sequis Asset Management dan melihat apakah instrumen investasi ini cocok dengan profil risiko Anda atau tidak. Apabila Anda ingin mengetahui tipe dan karakteristik reksa dana dari Sequis Asset Management (SQAM), Anda bisa mengakses informasinya melalui www.sequisam.co.id atau email ke care@sequisam.co.id.

Butuh bantuan ?