Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Rekomendasi Jenis Asuransi untuk Persiapan Dana Pensiun

22 November 2021



Orang hidup tak lepas dari risiko. Karena itu perlu antisipasi untuk meringankan risiko yang ditimbulkan dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti sakit, kecelakaan, tutup usia, menderita cacat total dan tetap, serta menyiasati kehidupan di kala pensiun. Selain menabung dan punya dana darurat, meminimalkan risiko bisa dilakukan dengan memiliki asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. 

Tapi, rasanya masih banyak orang yang bingung menentukan jenis asuransi sesuai dengan kebutuhan, terutama dalam menyiapkan dana pensiun. Bila asal pilih, rencana untuk mendapatkan perlindungan optimal, menghentikan rantai sandwich generation, serta menjalani masa pensiun dengan nyaman justru terancam gagal didapat.

Oh ya, sebetulnya apa sih yang dimaksud dengan sandwich generation? Ini adalah sebutan kepada individu yang yang harus mencukupi kebutuhan ekonomi diri diri sendiri serta keluarga namun tetap harus membiayai orang tua. Sandwich generation banyak dijumpai pada negara berkembang seperti Indonesia. Sebab di negara-negara tersebut masih ada norma tersirat yang mewajibkan anak merawat orang tua hingga tua. 

Baca Juga
Kenapa Asuransi Dana Pensiun Penting? Ketahui Manfaatnya
Siapkan Dana Pensiun dengan Investasi Jangka Panjang
Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Dana Pensiun?
Asuransi Dana Pensiun Agar Anda Hidup Nyaman pada Hari Tua
Apa Saja Manfaat Asuransi Dana Pensiun untuk Nasabah?

Bila Anda termasuk sandwich generation, ada baiknya mengetatkan anggaran dan mengomunikasikan hal ini kepada kakak atau adik Anda yang sudah mandiri untuk bersama-sama membantu dan menanggung biaya orang tua. 

Nah, bagaimana caranya memutus mata rantai sandwich generation agar hal ini tidak menimpa anak Anda kelak? Persiapkan dana pensiun Anda dengan jenis asuransi yang tepat. Jadi, Anda tidak perlu merepotkan anak dengan urusan finansial ketika sudah tidak memiliki pendapatan tetap saat memasuki masa tua. Nantinya, dana pensiun bisa Anda pergunakan untuk kebutuhan hidup, berbisnis, atau bahkan untuk berwisata religi. 

Sequis memiliki jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dana pensiun Anda, yaitu Asuransi Retirement Life Plan. Jenis asuransi ini bisa Anda gunakan sebagai persiapan pensiun berdasarkan plan yang dipilih. Asuransi ini menawarkan berbagai manfaat yaitu:
-    Uang pertanggungan (UP) akan dibayarkan kepada ahli waris bila tertanggung tutup usia sebelum usia pensiun atau sesudah usia pensiun (berdasarkan plan yang dipilih)
-    Death Terminal Bonus akan di bayarkan sampai dengan 100% UP (sesuai dengan tabel perhitungan tahun polis pada saat kejadian tutup usia)
-    Manfaat pensiun 100% dari UP akan dibayarkan bila tertanggung bertahan hidup pada usia akhir tahun polis (berdasarkan plan yang diambil)
-    Manfaat jatuh tempo akan dibayarkan yaitu 100% UP bila tertanggung mencapai usia 100 tahun ditambah Maturity Terminal Bonus hingga 100% dari UP.
-    Asuransi ini dapat ditambahkan dengan rider (asuransi tambahan)

Apa itu Death Terminal Bonus? Ini adalah bonus yang dibayarkan penanggung kepada ahli waris hanya ketika tertanggung meninggal dunia. Dan Maturity Terminal Bonus adalah bonus yang dibayarkan penanggung kepada pemegang polis hanya bila tertanggung hidup ketika masa pertanggungan asuransi berakhir. 

Selain asuransi dana pensiun, tidak ada salahnya Anda tambahkan dengan membeli asuransi jiwa. Seperti contohnya jenis asuransi jiwa berjangka (term life). Sequis menawarkan produk Sequis Term Life Plus Insurance yang memiliki manfaat tutup usia, manfaat cacat total dan tetap, serta manfaat pengembalian premi. 
-    Perlindungan asuransi lengkap atas risiko tutup usia serta cacat total dan tetap. Dua kali lipat manfaat akan dibayarkan untuk risiko meninggal dunia dan cacat total dan tetap akibat kecelakaan lalu lintas
-    Preminya terjangkau dan tetap, Anda hanya membayar selama 6 tahun untuk perlindungan selama 10 tahun 
-    Premi yang telah Anda bayarkan akan dikembalikan 115% di akhir masa pertanggungan bila tidak ada klaim selama pertanggungan berlangsung 

Atau untuk generasi yang lebih muda, selain asuransi dana pensiun, juga bisa membeli jenis asuransi digital dari Sequis yaitu Super Life Protection yang memberikan dua manfaat sekaligus dengan tipe pilihan uang pertanggungan. Keunggulan asuransi ini adalah:
1.    Tanpa pemeriksaan kesehatan 
2.    Menyediakan tiga pilihan rencana perlindungan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan
3.    Premi mulai dari Rp33.000 per bulan 
4.    200% uang pertanggungan untuk ahli waris bila tertanggung tutup usia karena kecelakaan. 
5.    100% uang pertanggungan jika tertanggung menderita cacat total dan tetap 

Nah, bila Anda berminat untuk memiliki asuransi dana pensiun dan asuransi jiwa berjangka, segera cari detail produk di atas melalui www.sequis.co.id. Jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?