Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Gaya Finansial ala Generasi Z: Melakukan Investasi



Pernahkah Anda mendengar istilah Gen Z atau homeland generation? Ini adalah sebutan untuk masyarakat yang lahir pada tahun 1996 – 2010. Menurut beberapa riset, Gen Z menjadi generasi dengan intelektual dan kemelekan teknologi lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya. Hal ini karena mereka dibesarkan di era teknologi yang sudah maju dan didukung oleh kemajuan internet serta media sosial.

Baca Juga
Tips Mengalokasikan THR, Bisa untuk Investasi Jangka Panjang
Tips Mendapatkan Pendapatan Tambahan
Ingin Investasi Jangka Panjang? Cermati 5 Risiko Ini

Terpaan teknologi dan media sosial pula yang membuat Gen Z memiliki kebiasaan finansial yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya. Apa saja perbedaannya? Berikut ini beberapa di antaranya:

Generasi Z Memulai Menabung dan Melakukan Investasi Jangka Panjang Sejak Dini
Gen Z terbiasa menabung karena arus informasi tentang literasi keuangan yang mereka dapat sangat deras. Kemajuan teknologi dengan adanya beragam aplikasi online juga membuat Gen Z memiliki kemudahan untuk menabung dan berinvestasi deposito, reksa dana, dan lainnya. 

Baca Juga
Contoh Investasi Jangka Panjang, Wajib Diketahui Anak Muda
Prioritaskan Dana Darurat atau Investasi Jangka Panjang?

Generasi Z Menyusun Rencana Keuangan dengan Jelas 
Generasi Z juga dikenal sebagai perencana keuangan yang andal. Mereka sudah rajin menabung, menyiapkan dana darurat, dan berinvestasi sejak usia muda. Menurut beberapa pakar keuangan, ini terjadi karena Gen Z enggan melakukan kesalahan yang dibuat generasi sebelumnya. Dengan memiliki rencana keuangan yang jelas, Gen Z berharap bisa menikmati kemandirian finansial lebih cepat. Tujuannya akhir dari itu adalah menikmati hidup nyaman di usia muda dan dapat memamerkannya di media sosial. 

Generasi Z Memprioritaskan Pengalaman, Bukan Semata Barang
Gen Z tak melulu menggunakan uang untuk belanja barang mewah. Kadang, mereka memanfaatkan pendapatan untuk travelling, ikut seminar, hingga berinvestasi. Intinya, uang digunakan untuk melakukan hal-hal baru yang menurut mereka seru dan memperkaya pengalaman hidup. 

Butuh bantuan ?