Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Klaim Asuransi

28 Pebruari 2023



Hidup penuh kejutan. Kadang, kejutan itu datang dalam bentuk musibah seperti sakit, kecelakaan, hingga meninggal dunia. Pandemi covid-19 menjadi kejutan yang menghampiri masyarakat pada 2020. Gara-gara virus tersebut, banyak orang masuk rumah sakit dan harus mendapatkan perawatan selama beberapa hari.

Sebagian orang ada yang tenang menghadapi situasi tersebut. Dengan bekal asuransi kesehatan, mereka bisa mendapatkan perawatan secara cepat, optimal, dan tak dipusingkan urusan biaya. Namun sebagian masyarakat lain yang tidak memiliki asuransi kesehatan dibuat was-was dengan biaya yang harus dibayarkan.

Baca Juga
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Panduan Klaim Asuransi Kesehatan Anak
Klaim Ditolak, Apa Saja Jenis Penolakan Klaim Asuransi?
Kenapa Klaim Asuransi Ditolak?
Tata Cara Klaim Asuransi Sequis

Pandemi covid-19 sudah sepatutnya menyadarkan masyarakat untuk memiliki asuransi kesehatan. Ketika sudah memilikinya, masyarakat juga patut mengetahui tata cara klaim. Dengan begitu, kerugian finansial yang ditimbulkan oleh masalah kesehatan bisa dihindari. Berikut ini beberapa hal yang patut dicermati oleh calon nasabah asuransi mengenai ketentuan klaim

Data Pribadi Sudah Benar
Periksa data diri saat mengisi Surat Permintaan Asuransi (SPA) dan menerima polis asuransi. Pastikan semua data yang Anda isi sudah benar dan sesuai dengan identitas yang sah. Perusahaan memiliki hak menolak klaim bila terdapat ketidaksesuaian data dengan dokumen lain yang dilampirkan saat proses klaim asuransi.
 
Pastikan Polis Asuransi Dalam Keadaan Aktif
Membayar premi secara rutin adalah cara agar polis asuransi Anda tetap aktif. Agar tidak lupa bayar, pilih sistem pembayaran autodebit dari tabungan atau dari kartu kredit.
 
Ketahui Penyakit yang Tidak Bisa Diklaim
Dalam polis asuransi tercantum hal-hal yang membuat klaim ditolak, penyakit yang tidak dicover, serta sejumlah pengecualian yang membuat klaim ditolak. Baca dan pahami poin-poin agar klaim Anda bisa berjalan lancar.
 
Tata Cara Klaim
Secara umum, pengajuan klaim asuransi kesehatan di tiap perusahaan asuransi hampir sama. Namun, tidak ada salahnya membaca dengan teliti mengenai ketentuan klaim yang tertera di polis asuransi Anda. Pastikan pula Anda memenuhi persyaratan sesuai polis, dokumen lengkap, dan Anda mengajukan klaim sebelum masa tenggat.

Butuh bantuan ?