Pilihan Investasi Jangka Panjang untuk Anak Muda

5 April 2021


Reksa dana dinilai pas bagi anak muda yang tidak memiliki cukup waktu, pengetahuan, dan pengalaman untuk secara aktif mengelola investasi jangka panjang


Investasi sedang digandrungi. Terutama oleh anak muda. Ketidakpastian ekonomi dan risiko yang bisa timbul secara tiba-tiba akibat pandemi covid-19 membuat banyak orang mulai hati-hati dalam membelanjakan uang dan beralih menempatkan uangnya ke instrumen investasi.

Investasi jangka panjang menjadi salah satu instrumen yang dipilih. Teorinya, investasi jangka panjang adalah investasi modal yang dilakukan seseorang dan baru dapat dicairkan minimal setelah 5 tahun.

Tujuan Investasi Jangka Panjang
1. Mewujudkan tujuan keuangan pribadi/ keluarga untuk biaya ibadah umrah atau haji, biaya pernikahan, beli rumah, keperluan pensiun, dana pendidikan anak, dan lain-lain. 
2. Memperoleh pendapatan tetap dalam setiap periode tertentu. Pendapatan tetap dari memiliki investasi jangka panjang bisa dalam bentuk bunga, royalti, deviden, uang sewa, dan bentuk lain dari keuntungan kepemilikan saham.

Bentuk Investasi Jangka Panjang
1. Produk investasi pasar modal: saham, reksa dana, obligasi, sukuk.
2. Emas: logam mulia dengan kadar emas 99,9%.
3. Properti: tanah, apartemen, rumah, gedung

Investasi Jangka Panjang Reksa Dana
Anak muda memiliki beragam kegiatan yang menyita waktu. Keseharian mereka sudah dipenuhi dengan rutinitas pekerjaan hinggabersosialisasi / networking. Oleh sebab itu, investasi jangka panjang reksa dana dianggap cocok untuk anak muda.

Baca Juga
Investasi Jangka Panjang:  Reksa Dana Sequis Equity Indonesia
Investasi Jangka Panjang:  Reksa Dana Sequis Equity Maxima
Memahami Strategi Investasi Jangka Panjang
Alasan Anda Harus Memiliki Investasi Jangka Panjang
Wujudkan Liburan dengan Investasi Jangka Panjang

Reksa dana dinilai pas bagi anak muda yang tidak memiliki cukup waktu, pengetahuan, dan pengalaman untuk secara aktif mengelola investasi jangka panjang karena investor memercayakan dana investasi dikelola oleh pihak yang ahli yaitu Manajer Investasi.  

Investasi reksa dana terasa makin cocok pemula dan anak muda karena nilai investasinya yang cukup rendah yakni mulai dari Rp100.000. Hal ini tentu lebih rendah daripada Anda berinvestasi emas atau investasi properti lainnya. 

Yuk kita sama-sama mulai menyiapkan kemandirian finansial pada masa depan dengan investasi jangka panjang. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang reksa dana dan cara berinvestasi, Anda dapat mempelajari lebih lanjut di sini

Butuh bantuan ?