Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jenis Investasi untuk Hari Tua

30 Januari 2024



Muda bahagia, tua sejahtera. Hal ini pasti jadi impian semua orang. Tapi, mewujudkan mimpi itu harus dengan strategi finansial yang tepat. Masalahnya, masa pensiun yang masih lama cenderung membuat orang menjadi tidak tertarik untuk berinvestasi dan menyiapkan dana yang cukup untuk hari tua sejak muda. Padahal semakin dini berinvestasi, potensi keuntungan yang akan didapat semakin besar. Apa saja yang sudah Anda rancang untuk hari tua yang sejahtera dan bahagia? Jenis investasi apa yang sudah Anda tentukan?

Baca Juga: Investasi Jadi Tren, Kenali Investasi Bodong Agar Tak Rugi

Namun patut diingat, Anda perlu hati-hati dalam memilih jenis investasi jangka panjang. Setidaknya, Anda perlu  mengenali instrumen investasi yang ingin dibeli. 

1.    Emas
Emas sering dijadikan pilihan utama dalam berinvestasi karena harga atau nilai emas cenderung naik setiap tahun. Selain itu, emas bersifat likuid sehingga mudah dicairkan/diungkankan/dijual ketika Anda membutuhkan uang tunai. 

2.    Tanah atau properti
Jenis investasi ini menawarkan potensi keuntungan dengan nilai tinggi. Maklum, harga tanah bisa naik hingga 15-20% ketika dijual pada 5-10 mendatang. Harga properti/tanah bisa makin melejit bila berada di wilayah yang strategis atau dijangkau transportasi masal.

Baca Juga: Memilih Investasi Reksa Dana Agar Sesuai Tujuan Investasi

3.    Reksa dana 
Reksa dana dikelola oleh Manajer Investasi. Nantinya, dana investor bakal ditempatkan ke berbagai jenis investasi seperti pasar modal, pasar uang, saham, dan obligasi. Investasi di reksa dana bisa diversifikasi investasi dengan mudah. Diversifikasi dilakukan untuk mengurangi risiko kerugian. 

4.    Asuransi 
Asuransi diperlukan untuk meminimalkan kerugian akibat kesehatan, musibah, hingga meninggal dunia. Dalam praktiknya, perusahaan asuransi akan membayarkan sejumlah santunan/Uang Pertanggungan (UP) dari asuransi jiwa Tertanggung dan diberikan kepada ahli waris. Sedangkan asuransi kesehatan berguna melindungi kesehatan serta finansial nasabah bila sakit dan butuh perawatan serta pengobatan di rumah sakit. Sehingga Anda atau keluarga tidak perlu mengeluarkan dana untuk berobat.

Baca Juga: Jenis Investasi Berdasarkan Zodiak

Nah, demikianlah contoh-contoh jenis investasi yang membantu Anda mempersiapkan dana jangka panjang. Namun, sebelum Anda menentukan instrumen investasinya, pertimbangkan dengan baik-baik keuntungan dan risiko yang ada. Dan pastikan kondisi keuangan Anda memungkinkan untuk melakukan investasi. Jangan ragu untuk memulai investasi sejak muda!

Butuh bantuan ?