Memilih Investasi Reksa Dana Agar Sesuai Tujuan Investasi


Sequis menyediakan layanan Sequis Personal Assistant yang akan membantu Anda memilih produk investasi reksa dana


Ada banyak jenis instrumen reksa dana yang ditawarkan di Indonesia. Masing-masing memiliki karakteristik yang tidak sama, juga tingkat risiko yang berbeda-beda. Sehingga, Anda tidak bisa asal memilih tanpa menyesuaikan dengan tujuan berinvestasi. Lalu bagaimana cara memilih produk reksa dana yang tepat?

1.    Tetapkan Tujuan 
Investasi punya kaitan erat dengan kestabilan keuangan pada masa depan. Oleh sebab itu tidak boleh dilakukan secara asal-asalan. Terinspirasi dari teman untuk mengatur keuangan dengan sarana permodalan boleh saja. Namun harus dilakukan dengan menetapkan tujuan dan strategi yang jelas. 

Ingat, kebutuhan setiap orang berbeda. Itulah yang menyebabkan motivasi dalam berinvestasi menjadi beragam pula. Ada yang ingin menggunakan imbal hasil untuk liburan ke luar negeri, ada yang ingin membeli rumah, biaya sekolah, menikah, atau menyiapkan dana pensiun. Nah, apa tujuan utama Anda? Coba tetapkan dahulu karena tujuan ini amat menentukan investasi reksa dana yang akan dipilih. 

Baca Juga
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana
Langkah Investasi Reksa Dana yang Harus Dipahami
Langkah Mudah dalam Melakukan Investasi Reksa Dana
Populer saat Pandemi, Ini Tips Investasi Reksa Dana
Memilih Investasi Reksa Dana Agar Sesuai Tujuan Investasi

2.    Mencari Tahu tentang Reksa Dana
Segala aktivitas atau pekerjaan akan membuahkan hasil yang maksimal bila Anda memahami serta melakukan riset secara mendalam. Saat ini, ada banyak jenis investasi yang bisa Anda pilih. Di antaranya seperti emas, saham, properti, dan investasi reksa dana. Nah, bila ingin menuai hasil maksimal di investasi reksa dana, Anda harus mencari tahu produk yang paling tepat dengan keuangan serta tujuan Anda berinvestasi. 

3.    Mempelajari Profil Risiko dan Keuntungan 
Memahami profil risiko dan potensi keuntungan juga merupakan cara memilih investasi reksa dana agar sesuai dengan goal investasi. Tingkat risiko dan keuntungan antara reksa dana pasar uang dengan saham tentu berbeda. Bila Anda mengharapkan sarana investasi jangka panjang dengan pengembalian optimal dan tidak takut dengan risiko, Anda dapat memilih reksa dana saham. Namun bila membutuhkan hasil dalam jangka pendek dan ingin risiko minim,  Anda bisa memilih investasi reksa dana pasar uang. 

4.    Berkonsultasi kepada Ahli 
Ada baiknya berkonsultasi kepada ahli keuangan agar tujuan investasi dapat tercapai. Seorang ahli keuangan akan memberikan nasihat keuangan dan sekaligus memilihkan instrumen reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik Anda.  Selain cara tersebut, Anda juga bisa bertanya kepada layanan konsumen di perusahaan Manajer Investasi reksa dana yang hendak dipilih. Sequis menyediakan layanan Sequis Personal Assistant yang akan membantu Anda memilih produk investasi reksa dana yang paling sesuai dengan kebutuhan. Anda juga dapat menemukan solusi produk yang paling tepat di sini
 

Butuh bantuan ?