Jenis Investasi yang Populer di Indonesia

5 April 2021


Terlepas dari apapun jenis investasi yang mau dipilih, pastikan Anda tidak mudah tegiur ajakan investasi dari badan usaha dengan perizinan yang tidak kredibel


Dalam pengertian yang sederhana, investasi adalah suatu kegiatan menyimpan dana dalam jangka waktu tertentu demi memperoleh imbal balik yang lebih besar pada masa depan.  

Investasi tidak selalu berhubungan dengan bisnis. Ada pula jenis investasi non bisnis yang bisa Anda kembangkan secara individu secara jangka pendek dan jangka panjang. Jenis investasi ini juga populer di kalangan masyarakat Indonesia.

Dilihat dari segi waktu penanaman modalnya, ada dua macam jenis investasi. Yaitu investasi jangka pendek dan jangka panjang. 

Jenis investasi jangka pendek memiliki batasan jangka waktu tertentu. Keuntungan yang ditawarkan jenis ini biasanya kecil. Ada banyak jenis investasi jangka pendek yang dapat disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan, di antaranya: 
1.    Saham 
2.    Forex trading
3.    Tabungan Bank
4.    Deposito

Investasi jangka panjang akan memberikan keuntungan dalam waktu yang lama juga. Bisa mulai dari satu tahun hingga lebih. Instrumen investasi jangka panjang diantaranya: 
1.    Emas
2.    Tanah dan bangunan 
3.    Asuransi 
4.    Reksa dana

Baca Juga
Investasi Jangka Panjang:  Reksa Dana Sequis Equity Indonesia
Investasi Jangka Panjang:  Reksa Dana Sequis Equity Maxima
Memahami Strategi Investasi Jangka Panjang
Alasan Anda Harus Memiliki Investasi Jangka Panjang
Wujudkan Liburan dengan Investasi Jangka Panjang

Terlepas dari apapun jenis investasi yang mau dipilih, pastikan Anda tidak mudah tegiur ajakan investasi dari badan usaha dengan perizinan yang tidak jelas karena peluang tertipu dan terjebak investasi bodong sangat besar. 

Intinya, Anda harus mempelajari, memilih instrumen investasi yang sesuai, mengenali cara kerja instrumen tersebut, dan temukan penyedia layanan jasa keuangan terpercaya.

Sequis Asset Management adalah salah satu perusahaan asuransi tepercaya yang diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Sequis Asset Management menyediakan beragam jenis investasi reksa dana seperti reksa dana saham, reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, dan reksa dana pendapatan tetap. Simak produk investasi Sequis Asset Management di sini

Butuh bantuan ?