Kenali Manfaat Asuransi Agar Tidak Rugi dan Tertipu

27 April 2021


Sequis menyediakan beragam pilihan produk proteksi yang didesain memiliki manfaat asuransi yang dibutuhkan nasabah dan premi yang terjangkau


Sejumlah nasabah asuransi di Indonesia sedang gelisah. Seperti diberitakan media-media di Tanah Air, masyarakat mengaku kecewa karena nilai investasi dari asuransi unit link yang mereka miliki tidak memberikan imbal hasil yang sesuai.

Situasi seperti itu seharusnya tidak terjadi andai calon nasabah jeli memilih produk serta mengetahui secara rinci tentang manfaat asuransi. Sebab bila ditilik dari pemberitaan, nasabah yang merasa rugi merupakan nasabah asuransi jiwa unitlink atau produk asuransi yang disertai dengan investasi (PAYDI). Sebuah produk yang menyediakan perlindungan jiwa sekaligus produk investasi di pasar keuangan.

Nah namanya pasar keuangan selalu mengandung risiko sehingga kemungkinan merugi bisa terjadi. Hal buruk itulah yang akhirnya terjadi pada 2020. Pandemi covid-19 membuat Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) anjlok sangat dalam. Alhasil, nilai dari unitlink nasabah asuransi juga ikut 'ambles' apalagi yang memilih pilihan investasi di saham atau equity.

Oleh sebab itu, kenali produk asuransi terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memilikinya. Kenali pula risiko serta manfaat yang ingin didapatkan. Bila memang membutuhkan perlindungan jiwa yang nantinya bisa dipergunakan sebagai warisan untuk keluarga yang ditinggalkan baiknya pilih asuransi jiwa tanpa unsur investasi. Sementara jika ingin berinvestasi lakukanlah di instrumen lain seperti reksadana, emas, saham, atau properti.

Baca Juga
5 Manfaat Asuransi Pendidikan untuk Anak
Ketahui Hal Ini Agar Merasakan Manfaat Asuransi
Beragam Manfaat Asuransi Kesehatan dengan Fasilitas Cashless
Ini Manfaat Asuransi Rawat Inap yang Kerap Diabaikan
Simak Manfaat Asuransi Jiwa Berjangka

Namun jika tidak mau ribet belajar investasi di instrumen tersebut di atas maka bisa memilih asuransi unit link yang memadukan perlindungan dan investasi dalam satu produk. Tetapi ingat risiko tetap ada sehingga untuk menjamin perlindungan asuransi tetap berjalan sebaiknya Anda melakukan top up premi secara berkala atau kalau tidak mau risiko tinggi bisa memilih produk dana investasi yang lebih stabil seperti pasar uang bukan saham.

Lalu, sebaiknya memilih premi yang sesuai dengan tingkat penghasilan Anda. Tapi, pastikan juga bahwa manfaat asuransi yang akan didapat sesuai kebutuhan. Anda tidak perlu memaksakan diri untuk membayar premi tinggi hanya demi manfaat yang besar jika tidak sesuai dengan penghasilan. Nantinya, pembayaran premi berpotensi memberatkan cash flow Anda sehingga pembayaran premi  malah macet di tengah jalan.

Sequis menyediakan beragam pilihan produk proteksi yang didesain memiliki manfaat yang dibutuhkan nasabah dan premi yang terjangkau. Cek pilihan produk asuransi Sequis di sini.

Apabila membutuhkan bantuan dalam menentukan produk paling tepat, jangan ragu menghubungi Sequis Persoonal Assistant di https://www.sequis.co.id. Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?