Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kenapa Klaim Nasabah Asuransi ada yang Tidak Dibayarkan?

1 Maret 2023



Proses klaim asuransi sebetulnya mudah. Nasabah hanya perlu melengkapi dokumen yang dibutuhkan lalu kirim ke perusahaan asuransi. Namun, kenapa ya ada klaim nasabah asuransi yang tidak dibayarkan atau ditolak?

Sebelum membahas mengenai klaim, ada urusan fundamental yang sepatutnya dimengerti nasabah ketika membeli asuransi kesehatan/jiwa, yakni mengetahui mengenai hak dan kewajiban ketika mengajukan klaim dari produk yang ditawarkan. Bila hal itu tidak dipahami, klaim nasabah berpeluang ditolak karena beberapa alas an berikut ini:

1. Klaim Tidak Sesuai Dengan Isi Polis
Pahami syarat-syarat dan segala ketentuan yang tercantum di isi polis sebelum nasabah membeli produk asuransi. Contoh, pahami dahulu ketentuan masa tunggu. Dalam periode masa tunggu ini ada klaim yang belum dapat ditanggung dan dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

2. Klaim di Luar Cakupan Perlindungan
Di polis asuransi tercantum cakupan perlindungan yang dapat ditanggung perusahaan asuransi dan yang tidak dapat ditanggung. Misal, meninggal dunia karena bunuh diri tidak termasuk dalam cakupan perlindungan asuransi, sehingga klaim tidak akan dibayarkan bila Tertanggung meninggal dunia karena bunuh diri.

Baca Juga
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Panduan Klaim Asuransi Kesehatan Anak
Klaim Ditolak, Apa Saja Jenis Penolakan Klaim Asuransi?
Tata Cara Klaim Asuransi Sequis

3. Dokumen Pengajuan Klaim Tidak Lengkap
Perhatikan syarat dan ketentuan pengajuan klaim sebelum mengajukan klaim. Setiap perusahaan asuransi akan memberikan Anda kemudahan proses klaim dengan melampirkan informasi lengkap berikut form-form yang harus dilengkapi di website perusahaan. Pastikan Anda sudah melengkapi semua ketentuan, dokumen, dan form seperti yang diinformasikan demi menghindari pengajuan klaim Anda ditolak.

4. Adanya Informasi Penting yang Anda Sembunyikan
Salah satu penyebab yang berpotensi menyebabkan klaim ditolak adalah adanya beberapa informasi penting terutama terkait kesehatan yang mungkin Anda sembunyikan atau tidak diinformasikan secara transparan kepada perusahaan asuransi. Contohnya bila Anda tidak menginformasikan secara detail terkait riwayat sakit, hal ini kerap dapat memengaruhi proses klaim yang berpotensi klaim ditolak jika ditemukan informasi data yang berbeda.

Semoga Anda lebih saksama mempelajari isi polis agar klaim bisa berjalan lancar. Jangan sungkan bertanya kepada agen asuransi atau Customer Service di perusahaan asuransi tempat Anda memiliki polis Untuk informasi mengenai Customer Care Sequis dan produk serta layanan Sequis lainnya kunjungi website www.sequis.co.id

Butuh bantuan ?