Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Long Covid-19: Gejala dan Cara Mengatasinya

7 September 2022



Mayoritas penderita virus covid-19 biasanya masih merasa sesak napas atau cepat lelah selama beberapa hari setelah dinyatakan negatif dari virus tersebut. Namun, ada pula penyintas yang merasakan efek covid-19 hingga berbulan-bulan. Kondisi ini yang akhirnya mendapat sebutan 'long covid-19'.

Gejala yang dialami oleh penderita long covid beraneka ragam. Beberapa di antaranya adalah sesak napas berkepanjangan, gampang lelah terutama setelah banyak beraktivitas, susah konsentrasi, batuk, sakit dada, sakit kepala, diare, ruam, gangguan tidur, jantung berdebar-debar, hingga nyeri sendi.

Dengan beragam gejala itu, tak heran bila ada banyak penyintas covid-19 yang kembali masuk rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Celakanya, penyakit pasca covid-19 tak masuk dalam tanggungan pemerintah seperti halnya yang bisa didapat masyarakat bila terserang virus covid-19 dan dirawat di Wisma Atlet atau rumah sakit rekanan pemerintah. Alhasil, masyarakat harus merogoh kocek dari dompet sendiri untuk bayar biaya perawatan akibat penyakit yang berkaitan dengan long covid-19.

Baca Juga
Efek Infeksi Covid-19 Gejala Berat dan Cara Melindungi Diri
Virus dan Penyakit Mengintai, Sebaiknya Miliki Asuransi
Cara Hadapi Covid-19, Hepatitis Akut, dan Penyakit Menular
Gejala Omicron BA.4 dan BA.5 yang Sudah Muncul di Indonesia
Apa yang Membuat Varian Baru Virus Covid-19 Terus Muncul?

Felicia selaku salah satu nasabah Sequis masuk dalam jajaran penyintas covid-19 yang terpaksa harus berurusan dengan long covid. Tidak lama setelah sembuh dari covid-19, Ia didiagnosis menderita penyakit infeksi paru yang merupakan salah satu dampak dari long covid-19. Selama masa pengobatan, Dokter yang menangani Felicia melakukan serangkaian tes seperti biopsy dan bronchoscopy. Dua tes yang tentunya membutuhkan biaya cukup mahal.

Beruntung, Felicia sudah melindungi diri dengan Sequis Q Infinite MedCare Rider X Booster (SQIMCX) Plan 0 sejak 2020. Alhasil, biaya perawatan dan pengobatan penyembuhan long covid Felicia ditanggung oleh perusahaan asuransi. Bahkan, Felicia tak perlu memusingkan urusan biaya setelah proses pengobatannya dilanjutkan di salah satu rumah sakit di Malaysia. Sekadar catatan, biya pengobatannya hingga 8 Juni 2022 sudah mencapai Rp750 juta.

Dari kisah Felicia, masyarakat harusnya tersadar bahwa covid-19 menimbulkan beragam dampak buruk untuk kesehatan. Long covid-19 satu di antaranya. Berasuransi adalah jalan terbaik untuk mendapatkan perawatan secara optimal sekaligus tidak dipusingkan oleh biaya yang harus dibayarkan.

Sekilas Tentang Sequis Q Infinite MedCare Rider
Sequis Q Infinite MedCare Rider (SQIMC) memiliki banyak keunggulan. Keunggulan yang bisa dapat nasabah di antaranya: 

1. Adanya 3 pilihan plan perlindungan yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda
2. Adanya fasilitas perawatan yang mencakup seluruh dunia.
3. Memberikan manfaat Medical Reimbursement atas rawat inap penyakit apapun termasuk penyakit long covid-19. 
4.  Biaya besar untuk pengobatan long covid-19 juga tidak perlu dikhawatirkan oleh pasien. Sebab, SQIMC memberikan perlindungan kesehatan sepanjang tahun dengan limit tahunan hingga Rp90 miliar.
5. SQIMC juga punya fasilitas perawatan VIP dan VVIP/1 tempat tidur di seluruh dunia serta perlindungan kesehatan menyeluruh sampai dengan usia 100 tahun.

Butuh bantuan ?