Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Makan Kalap saat Lebaran, Simak Tips Kecilkan Perut Buncit

26 April 2022


Ada banyak tradisi yang dilakukan masyarakat ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri atau lebaran. Salah satunya menyantap beragam makanan lezat seperti ketupat, opor ayam, dan kue kering. Bahkan, masyarakat bisa menyantap ketiga makanan itu dalam jumlah yang banyak selama asyik berlebaran di kampung halaman atau saat berkunjung ke rumah keluarga besar.

Akibatnya, berat badan naik serta perut buncit menjadi ‘oleh-oleh’ yang dibawa masyarakat selepas lebaran. Lemak di dalam perut makin sulit untuk dihilangkan mengingat masyarakat biasanya tak punya waktu untuk berolahraga karena harus langsung Work From Office (WFO) setelah lebaran usai.

Sebuah problematika yang sebetulnya tak boleh dianggap remeh. Pasalnya lemak yang tertimbun di sekitar perut dan mengelilingi organ dalam (jantung, hati, pankreas, usus, dan ginjal) bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, serta kanker.

Baca Juga
Dapat THR? Jangan Dihabiskan Hanya untuk Lebaran
Hati-Hati, 6 Penyakit Ini Sering Menyerang Setelah Lebaran
Tips Kelola THR Agar Tidak Pamit Begitu Saja
Tips Tubuh Fit dan Bebas Covid-19 saat Mudik Lebaran 2022

Oleh karena itu, setelah satu pekan lebaran yang menyenangkan dengan menyantap makanan lezat, Anda wajib melakukan tips berikut ini, yaa…. Tentunya ini dilakukan agar Anda terhindar dari masalah kesehatan yang lebih buruk pada masa depan.

1. Mengurangi makanan tinggi kalori
Tubuh memang butuh kalori. Namun kalori yang berlebihan tanpa diiringi aktivitas luar ruang hanya akan membuat berat badan naik. Dengan mengurangi asupan kalori, tubuh akan memecah lemak yang tersimban untuk dijadikan energi.

2. Konsumsi buah dan sayuran
Buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi dan serat yang melimpah. Dengan asupan serat yang cukup banyak, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda jadi tidak tergoda untuk 'ngemil' atau mengonsumsi makanan yang berpotensi menimbun lemak di dalam tubuh.

3. Rutin bergerak
Tidak ada waktu untuk berolahraga usai mudik lebaran? Tak masalah. Anda bisa mengecilkan perut buncit dengan sekadar aktif bergerak di dalam rumah/kantor sebelum dan sesudah makan siang. Lalu, sempatkan waktu untuk melakukan olahraga ringan ketika ada rehat ke kamar kecil atau mengambil air minum.

4. Hindari minuman manis
Usahakan tidak mengonsumsi minuman mengandung kadar gula tinggi seperti soda, susu kemasan, atau boba selama wfh. Sebab, minuman manis sangat mudah membuat berat badan naik dan perut menjadi buncit.

5. Puasa serta istirahat yang cukup
Puasa setelah Ramadan? Mengapa tidak! Selain disunahkan oleh agama, puasa juga menjadi salah satu cara efektif menghilangkan perut buncit. Anda bisa berpuasa selayaknya umat muslim melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan atau sekadar puasa makanan dan hanya mengonsumsi air putih selama 12 jam. Selain berpuasa, coba atur pola tidur Anda. Kurang tidur bisa memengaruhi proses metabolisme tubuh dalam mencerna makanan.

Butuh bantuan ?