Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Manfaat Asuransi Jiwa untuk Masa Depan Keluarga

6 Oktober 2021



Semua hal yang kita lakukan memiliki risiko. Risiko kecelakaan bisa terjadi bila kita berkendara. Risiko sakit bisa muncul bila seseorang bekerja terlalu keras. Risiko lain yang bisa dialami setiap manusia di antaranya kematian, kehilangan pekerjaan, atau kehilangan harta benda. 

Asuransi kesehatan  dan asuransi jiwa hadir di tengah masyarakat agar bisa meminimalkan kerugian yang diakibatkan risiko-risiko tersebut. Bila Anda sewaktu-waktu sakit dan butuh perawatan ekstra, asuransi kesehatan bisa diandalkan untuk meminimalkan hingga menggratiskan biaya rumah sakit. Sedangkan asuransi jiwa akan memberikan ahli waris Uang Pertanggungan (UP) bila Tertanggung selaku pemberi nafkah utama meninggal dunia atau cacat tetap total. 

Khusus untuk kali ini, akan dibahas lebih detail mengenai asuransi jiwa. Apa saja sih manfaat asuransi jiwa yang bisa Anda dan keluarga terima? 

1.    Manfaat asuransi jiwa salah satunya adalah melindungi keluarga agar tidak krisis finansial usai kehilangan penghasilan dari pemberi nafkah utama. Dengan manfaat asuransi jiwa, keluarga Anda akan mendapatkan tabungan berupa uang pertanggungan yang bisa digunakan untuk keperluan di masa mendatang. 

2.    Asuransi jiwa merupakan bagian dari perencanaan keuangan yang baik, jadi manfaat asuransi jiwa bisa dijadikan warisan. Nantinya, UP bisa digunakan oleh orang tua untuk membayar biaya sekolah anak atau dijadikan sebagai modal untuk buka usaha. 

Selain mengetahui manfaatnya, Anda perlu tahu juga jenis-jenis asuransi jiwa yang bisa Anda miliki. 

1.    Asuransi Jiwa Berjangka (Term Life Insurance)
Salah satu manfaat asuransi jiwa berjangka adalah proteksi dalam jangka waktu tertentu. Biasanya masa kontrak asuransinya berada di kisaran 5-20 tahun. Premi bersifat tetap dan cukup terjangkau. Masa pertanggungan yang dipilih menentukan jumlah premi. Jadi, makin lama masa pertanggungan, makin kecil preminya. 

2.    Asuransi Jiwa Seumur Hidup (Whole Life Insurance)
Biasanya perusahaan asuransi membatasi manfaat asuransi jiwa seumur hidup hingga usia 100 tahun. Produk ini juga bisa digunakan untuk keperluan darurat, misalnya membayar biaya pengobatan dan perawatan di rumah sakit. Premi produk ini tidak hangus bila tidak ada klaim. Seluruh UP akan diberikan kepada tertanggung saat kontrak asuransi berakhir. 

Baca Juga
Memilih Asuransi Jiwa Terbaik
Simak Manfaat Asuransi Jiwa Berjangka
Perbedaan Asuransi Jiwa dan Kesehatan
Berikut 4 Keuntungan Asuransi Jiwa, Tertarik Memilikinya?
Apa Keuntungan Memiliki Asuransi Jiwa?

3.    Asuransi Jiwa Dwiguna (Endowment Insurance)
Produk ini memiliki dua manfaat, sebagai asuransi jiwa sekaligus tabungan hari tua. Salah satu manfaat asuransi jiwa dwiguna adalah, pemegang polis bisa memeroleh nilai tunai berdasarkan premi yang sudah dibayarkan bila tertanggung tutup usia dalam waktu tertentu sesuai dengan kebijakan polis asuransi. 

4.    Asuransi Jiwa Unit Link
Asuransi ini menggabungkan manfaat asuransi jiwa dengan investasi. Keuntungan lain asuransi jiwa unit link adalah manfaat perlindungan serta hasil investasi dengan bunga per tahun yang relatif stabil tergantung kondisi ekonomi pasar. 

Apa yang harus Anda siapkan sebelum memiliki asuransi jiwa? Sisihkan alokasi dana setiap bulan. Idealnya 10-20% dari pendapatan bulanan dialokasikan untuk membayar premi asuransi jiwa. Usahakan mememiliki asuransi saat sehat karena kondisi ini berpengaruh ke harga premi. Makin muda dan sehat seseorang, makin rendah premi yang harus dibayarkan. Pastikan asuransi jiwa yang Anda miliki sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, pilih produk asuransi di perusahaan yang kredibel dan dapat dipercaya. 

Sudah mengerti mengenai asuransi jiwa dan manfaatnya? Yuk pilih asuransi jiwa Sequis yang sesuai kebutuhan Anda.  Silakan pelajari produknya dengan mengakses www.sequis.co.id atau hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 dan WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?