Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengenal Asam Urat dan Cara Pengobatan

25 November 2022


sumber foto: Merdeka.com


Asam urat adalah radang sendi yang diakibatkan adanya penumpukan kristal asam urat di area sendi dengan area paling umum terdapat di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan jempol kaki. Umumnya, asam urat dirasakan oleh orang dewasa atau orang tua.

Beberapa faktor yang menyebabkan asam urat bisa muncul di antaranya:
Pola makan tidak sehat

Terlalu sering mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan purin yang tinggi bisa memicu asam urat. Contoh makanan tinggi purin adalah usus, babat, paru, daging bebek, sosis, dan limpa. Beberapa sayuran juga mengandung purin tinggi, di antaranya asparagus, jamur, bayam, kembang kol, tauge, dan kacang-kacangan.

Mengidap penyakit tertentu
Penderita penyakit seperti gangguan ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, diabetes atau penyakit jantung memiliki risiko lebih tinggi terkena asam urat.  Selain penyakit, ada beberapa kondisi lainnya yang bisa menjadi faktor penyebab asam urat. dehidrasi kronis karena kurang minum air putih, melakukan diet ekstrim, memiliki gangguan proses metabolisme juga bisa menjadi penyebab asam urat.

Baca Juga
Antisipasi Gangguan Ginjal Akut yang Menyerang Anak-anak
Memahami Penyakit Vertigo yang Mulai Dialami Anak Muda
Kebiasaan Sederhana Guna Terhindar dari Serangan Jantung
Jarang Olahraga Saat Musim Hujan, Waspada Timbunan Lemak
Diabetes: Pengertian, Penyebab, Pengobatan, dan Perlindungan

Efek samping obat–obatan
Penyebab asam urat juga bisa efek samping dari penggunaan obat-obatan. Beberapa obat-obatan yang bisa memicu penyebab asam urat adalah aspirin dalam dosis kecil, obat diuretik, obat siklosporin, beta blocker dan obat kemoterapi.

Dari kebiasaan-kebiasaan itu, bakal muncul tanda-tanda asam urat dengan ciri-ciri sebagai berikut:
1. Rasa sakit luar biasa yang terjadi karena nyeri di bagian sendi.
2. Mengalami kesulitan berjalan karena sakit yang mengganggu.
3. Rasa nyeri pada malam hari. Rasa sakit biasanya berlangsung agak lama hingga menyebabkan sendi nyeri, panas, tidak nyaman ketika tidur.

Ada beberapa cara untuk mengobati asam urat, bisa dengan mengonsumsi obat dokter atau tidak menggunakan obat. Namun, pastikan untuk selalu konsultasi dengan dokter untuk gejala yang timbul. Berikut adalah beberapa pengobatan asam urat:

Mengonsumsi Obat Dokter
Mengonsumsi obat yang diresepkan oleh dokter adalah cara paling umum dan efektif untuk mengobati asam urat. Konsultasi dengan dokter dan dapatkan resep yang tepat.

Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C
Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C bisa membantu menurunkan kadar asam urat di darah. Namun, pastikan untuk lakukan konsultasi dahulu karena suplemen vitamin C tidak boleh dikonsumsi sembarangan terutama jika memiliki penyakit lainnya.

Perbanyak Minum Air Putih
Mengonsumsi banyak air putih bisa mengurangi pembengkakan sendi akibat asam urat. Selain air putih, minuman herbal juga bisa dikonsumsi bila sudah dikonsultasikan dengan dokter.

Hindari Makanan Tinggi Purin
Makanan tinggi purin adalah makanan penyebab asam urat yang menjadi pantangan asam urat karena itu lebih baik untuk dihindari agar tidak menyebabkan atau memicu kambuhnya asam urat.

Olahraga Teratur
Berolahraga teratur bisa menurunkan kadar asam urat. Namun, harus diingat bahwa tidak disarankan untuk berolahraga saat sedang mengalami asam urat karena bisa memperparah sendi.

Butuh bantuan ?