Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Olahraga pada Malam Hari, Boleh Dilakukan?

14 Pebruari 2023



Olahraga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja. Olahraga seperti jogging, yoga, hingga bersepeda dapat dilakukan pada pagi, sore, hingga malam hari. Namun, banyak orang memilih untuk berolahraga pada malam karena sibuk selama pagi hingga sore atau tidak ingin mengganggu waktu bekerja.
Sebetulnya, apakah olahraga malam disarankan atau efektif membuat tubuh bugar serta menurunkan berat badan?

Menurut Cleveland Clinic, olahraga malam memang sah saja. Tetapi, manfaat yang didapat tidak sebesar bila seseorang berolahraga pada pagi atau sore hari. Selain tidak maksimal membakar lemak, olahraga pada malam juga kurang efektif menurunkan tekanan darah, serta menekan nafsu makan.
Meski begitu, olahraga pada malam tetap memberikan manfaat untuk tubuh. Berikut ini beberapa di antaranya:
1. Membuat tubuh terasa lebih hangat
2. Meningkatkan kekuatan otot
3. Mengurangi rasa lelah

Sebaiknya, olahraga pada malam tidak mendekati waktu tidur. Selain itu, olahraga malam yang disarankan adalah jenis olahraga yang memiliki intensitas ringan sehingga tidak akan membuat badan terlalu lelah dan sulit untuk tidur.'

Baca Juga
Anjuran Pakai Masker Dihapus, Tetap Sehat dengan Cara Ini
Tips Melindungi Kesehatan Selain Olahraga dan Hidup Sehat
Remaja Indonesia Rawan Gangguan Jiwa: Ayo Empati & Proteksi

Bila olahraga terlalu malam dan melakukan olahraga intensitas berat menjadi sebuah kebiasaan, Anda berpotensi kesulitan tidur dan muncul kebiasaan begadang. Nahasnya, diabetes tipe 2 dan serangan jantung menjadi dua penyakit yang dapat muncul akibat dari keseringan begadang.

Bila dihitung secara angka, seseorang yang tidur kurang dari enam jam pada malam hari memiliki peluang 15 persen lebih tinggi terkena stroke dibandingkan seseorang yang tidur berkualitas (lebih dari enam jam pada malam hari). Sleep Foundation memiliki penjelasan yang lebih detail. Menurut mereka, ada tiga alasan yang membuat begadang bisa jadi penyebab penyakit kritis seperti serangan jantung, diabetes, dan stroke, yakni menaikkan tekanan darah, meningkatkan gula darah, serta memicu obesitas.
Jadi, jangan sampai niat Anda untuk berolahraga justru memunculkan masalah kesehatan. Berolahga malam boleh dilakukan namun tetap dengan porsi dan waktu yang tepat.

Butuh bantuan ?