Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Pahami Kenapa Klaim Asuransi Kesehatan Bisa Ditolak

15 November 2021



Jagat media sosial dihebohkan komplain dari seorang publik figur yang merasa ‘tertipu’ oleh salah satu perusahaan asuransi. Ketika itu, komplain dilontarkan karena merasa tidak mendapat hak yang sesuai ketika mengajukan klaim asuransi kesehatan di salah satu rumah sakit. Terlepas dari penyebab pasti mengapa klaim asuransi kesehatannya tersebut ditolak, tidak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut kini tengah menjadi topik pembicaraan hangat di industri asuransi. 

Banyak dari masyarakat yang menjadi bertanya-tanya kenapa klaim asuransi seperti kasus publik figur tersebut bisa tidak dibayarkan atau ditolak? Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika membeli produk asurasi kesehatan dan sangat penting bagi Anda sebagai calon nasabah dan nasabah untuk memahami manfaat serta fitur produk yang ditawarkan.

Baca Juga
Memutus Rantai Sandwich Generation dan Pensiun dengan Nyaman
Persiapkan Dana Pensiun dengan Investasi Jangka Panjang

Berikut ini beberapa hal yang sebaiknya Anda pahami mengenai klaim sebelum membeli produk asuransi kesehatan:

•    Klaim Tidak Sesuai Dengan Isi Polis 

Pahami syarat-syarat dan segala ketentuan yang tercantum di isi polis sebelum nasabah membeli produk asuransi. Contoh, pahami dahulu ketentuan masa tunggu. Dalam periode masa tunggu ini ada klaim yang belum dapat ditanggung dan dibayarkan oleh perusahaan asuransi.

Baca Juga
Mengenal Problem Sandwich Generation & Cara Menghindarinya
Tips Simpel Melindungi Polis Asuransi Agar Tetap Aktif
Kaum Rebahan Ingin Punya Asuransi? Coba Find Agent Sequis
2 Hal yang Bikin Orang Tua Wajib Beli Asuransi Pendidikan
Beli Asuransi Kesehatan sebelum Covid-19 Varian Mu Menyebar

•    Klaim diluar Cakupan Perlindungan 

Di polis asuransi akan tercantum cakupan perlindungan yang dapat ditanggung perusahaan asuransi dan yang tidak dapat ditanggung. Misal, meninggal dunia karena bunuh diri tidak termasuk dalam cakupan perlindungan asuransi, sehingga klaim tidak akan dibayarkan bila Tertanggung meninggal dunia karena bunuh diri. 

•    Dokumen Pengajuan Klaim Tidak Lengkap

Perhatikan syarat dan ketentuan pengajuan klaim sebelum mengajukan klaim. Setiap perusahaan asuransi akan memberikan Anda kemudahan proses klaim dengan melampirkan informasi lengkap berikut form-form yang harus dilengkapi di website perusahaan. Pastikan Anda sudah melengkapi semua ketentuan, dokumen, dan form seperti yang diinformasikan demi menghindari pengajuan klaim Anda ditolak.

•    Adanya Informasi Penting yang Anda Sembunyikan 

Salah satu penyebab yang berpotensi menyebabkan klaim ditolak adalah adanya beberapa informasi penting terutama terkait kesehatan yang mungkin Anda sembunyikan atau tidak diinformasikan secara transparan kepada perusahaan asuransi. Contohnya bila Anda tidak menginformasikan secara detail terkait riwayat sakit, hal ini kerap dapat memengaruhi proses klaim yang berpotensi klaim ditolak jika ditemukan informasi data yang berbeda.

Semoga Anda lebih saksama mempelajari isi polis agar klaim bisa berjalan lancer. Jangan sungkan bertanya kepada agen asuransi atau Customer Service di perusahaan asuransi tempat Anda memiliki polis Untuk informasi mengenai Customer Care Sequis dan produk serta layanan Sequis lainnya kunjungi website www.sequis.co.id

Butuh bantuan ?