Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penyakit Jantung di Wanita: Kenali, Cegah, dan Lindungi

21 Pebruari 2022



Pria memang lebih rentan terkena penyakit jantung dibanding wanita. Namun, itu bukan menjadi alasan bagi wanita untuk menyepelekan penyakit satu ini. Sebab, penyakit jantung juga bisa mematikan bila wanita mengidapnya.

Menurut sejumlah literasi kesehatan, setidaknya ada delapan gejala yang umumnya dirasakan oleh wanita ketika mengalami serangan jantung. Di antaranya adalah:

1. Mual atau muntah
2. Napas pendek / sesak napas
3. Sakit di bagian leher, rahang, bahu, dan punggung bagian atas
4. Pusing atau kepala terasa ringan
5. Sangat mudah lelah
6. Susah tidur
7. Keringat berlebih
8. Rasa tertekan di bagian dada

Lantas, apa saja faktor atau penyebab seorang wanita bisa menderita penyakit jantung? 

1. Diabetes. Wanita yang mempunyai penyakit diabetes lebih rentan menderita penyakit jantung dibanding pria yang mempunyai diabetes.
2. Depresi. Kondisi mental turut memengaruhi kondisi jantung wanita. Bila sering stres dan berujung depresi, wanita punya peluang lebih besar menderita penyakit jantung dibanding orang-orang yang sehat secara mental.
3. Merokok. Sebetulnya ini juga berlaku untuk pria. Namun, kemungkinan wanita merokok menderita penyakit jantung lebih besar dibanding pria.
4. Menopause. Penurunan hormon estrogen menyebabkan lonjakan kolesterol yang menjadi salah satu faktor risiko penyakit jantung.
5. Komplikasi kehamilan. Wanita hamil yang memilikih tekanan darah tinggi atau diabetes mempunyai risiko terkena penyakit jantung.

Baca Juga
Sayangi Jantung Dengan Pola Hidup Sehat dan Miliki Asuransi
Mewaspadai dan Mengenali Tanda-tanda Gagal Jantung
Lawan Penyakit Jantung Aritmia dengan Memperbaiki Gaya Hidup
Mulai Banyak Penderita Serangan Panik, Kenali Gejalanya
Penyebab dan Cara Mengatasi Social Anxiety Disorder

Cara mencegah penyakit jantung
Kemunculan segala macam penyakit bisa dicegah. Termasuk penyakit jantung. Intinya, semua orang harus memiliki gaya hidup dan pola makan yang sehat. Berikut ini beberapa hal mendasar yang bisa Anda lakukan: 

1. Berhenti merokok.
2. Rutin berolahraga 
3. Menjaga pola makan dan berat badan ideal
4. Rutin medical check-up untuk memeriksa kadar tekanan darah, tingkat kolesterol, dan gula darah.
5. Menjaga kesehatan mental agar tidak stres atau depresi

Lindungi Diri dari Penyakit Jantung
Berbagai penyakit kritis mulai mengintai masyarakat. Selain virus covid-19, masyarakat juga harus waspada dengan penyakit jantung. Potensi penyakit itu muncul makin meningkat seiring adanya pembatasan sosial akibat covid-19 yang membuat masyarakat jadi kurang gerak/olahraga.

Semua penyakit itu butuh pengobatan dengan biaya yang besar. Oleh karena itu, ada baiknya masyarakat melindungi diri dengan asuransi kesehatan. Terutama asuransi kesehatan penyakit kritis. Dengan memiliki asuransi penyakit kritis, penderita bisa mendapatkan perawatan optimal dan mencegahghindarkan tabungan, dana darurat, hingga aset tidak tergerus untuk membayar biaya pengobatan di rumah sakit.

Bila tertarik dengan produk asuransi penyakit kritis, silakan menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.  Ingin konsultasi dengan agen Sequis untuk membahas produk ini? Caranya mudah yakni dengan akses ke klik link berikut FIND AGENT

Butuh bantuan ?