Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

2 Jenis Prosedur Klaim di Asuransi Kesehatan

22 Desember 2022



Asuransi berfungsi sebagai pengalih risiko. Bila Anda sakit, asuransi kesehatan akan menanggung biaya perawatan dan rumah sakit. Konsep yang hampir sama juga berlaku bila Anda memiliki asuransi kecelakaan atau asuransi kendaraan. Bila kecelakaan, asuransi akan menanggung biaya pemulihan. Sedangkan asuransi kendaraan akan menanggung biaya kerusakan bila kendaran Anda rusak akibat tertabrak, terkena bencana alam, dan sebagainya.

Nah, setiap asuransi memiliki dua tipe cara pembayaran atau penggantian biaya. Hal ini juga berlaku di asuransi kesehatan. Berikut ini penjelasannya.

1. Tanpa Uang Kontan (Cashless):
Perusahaan asuransi kesehatan akan memberikan kartu keanggotaan sebagai bukti menjadi nasabah asuransi. Dalam prosesnya, Anda hanya perlu menunjukkan kartu tersebut saat proses administrasi usai perawatan di rumah sakit rekanan perusahaan asuransi. Semua biaya akan langsung masuk ke tagihan perusahaan asuransi kesehatan sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya perawatan.

2. Bayar Terlebih Dahulu (Reimbursment):
Untuk tipe ini, nasabah harus bayar biaya perawatan terlebih dahulu. Lalu, nasabah menyiapkan formulir serta dokumen pendukung yang dibutuhkan untuk pengajuan klaim ke perusahaan asuransi kesehatan. Setelah itu, perusahaan asuransi kesehatan akan mengganti uang yang sudah nasabah keluarkan saat berobat atau mendapat perawatan di rumah sakit.

Rekomendasi Asuransi Kesehatan Cover Covid-19
Rekomendasi Asuransi Kesehatan Cover Penyakit Kritis
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan
Apa itu Premi Asuransi Kesehatan?
Rekomendasi Asuransi Kesehatan dengan Perlindungan Lengkap

Khusus untuk klaim reimbursement, nasabah patut memerhatikan masa kedaluwarsa pengajuan klaim. Masa kedaluwarsa dapat dilihat di berkas polis asuransi kesehatan. Sebaiknya proses pengajuan klaim dilakukan sesegera mungkin setelah menyelesaikan pengobatan atau perawatan di rumah sakit. Bila klaim diajukan melewati masa kedaluwarsa, perusahaan asuransi kesehatan dapat menolak mencairkan uang untuk mengganti biaya pengobatan selama di rumah sakit.

Sequis selalu berusaha memberikan kemudahan dalam setiap proses. Termasuk dalam proses klaim asuransi kesehatan nasabah. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai prosedur pengajuan klaim asuransi kesehatan, prosedur klaim meninggal dunia, atau prosedur pengajuan klaim clashless di luar negeri, Anda bisa cek di sini

Butuh bantuan ?