Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Apa itu Premi Asuransi Kesehatan?

27 Juli 2021



Premi asuransi kesehatan adalah sejumlah uang yang Anda setorkan kepada perusahaan asuransi. Sebagai timbal balik, perusahaan asuransi akan membayarkan biaya pengobatan bila Anda sakit. Bentuk manfaat yang akan Anda dapatkan dari premi asuransi kesehatan yang Anda bayarkan bermacam-macam. Bisa berupa diringankan dari biaya rawat inap, gratis biaya obat, serta dibebaskan dari biaya konsultasi dan terapi. 

Metode pembayaran premi asuransi kesehatan bervariasi. Bisa dibayarkan dalam periode bulanan, kuartalan, serta tahunan. Besaran premi asuransi kesehatan yang Anda bayarkan dapat disesuaikan dengan program asuransi kesehatan yang Anda pilih. Banyak faktor yang menentukan besaran premi asuransi kesehatan. Makin tinggi tingkat risiko yang ditanggung perusahaan asuransi, semakin besar premi asuransi kesehatan yang mesti Anda bayarkan. 

Beberapa contohnya adalah:
a.    Premi asuransi kesehatan yang dibayar oleh perokok akan lebih mahal dibanding orang yang tidak merokok.
b.    Premi asuransi kesehatan yang dibayar oleh penderita obesitas akan lebih mahal dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.

Baca Juga
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan
Tips Memilih Asuransi Kesehatan Terbaik
Rekomendasi Asuransi Kesehatan dengan Perlindungan Lengkap
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Virus Corona Menyerang, Saatnya Memiliki Asuransi Kesehatan

Demikian juga besarnya manfaat yang didapatkan akan menentukan besarnya premi asuransi kesehatan. Masyarakat sering salah membeli asuransi kesehatan berdasarkan premi yang ditawarkan. Mereka cenderung memiliki premi asuransi kesehatan yang lebih murah. Padahal premi murah tidak menjamin Anda mendapatkan manfaat asuransi yang sesuai dengan kebutuhan Anda. 

Berikut informasi  mengenai premi yang perlu Anda ketahui:

1.    Jangan hanya melihat harga premi saat memilih premi asuransi kesehatan. Pertimbangkan juga jumlah uang pertanggungan dan manfaat lain yang ditawarkan.
2.    Pilihlah asuransi kesehatan yang sesuai kebutuhan. Besar/kecil uang pertanggungan dan premi asuransi harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda.
3.    Jangan hanya membandingkan premi yang harus dibayarkan serta manfaatnya saja. Anda juga harus mempertimbangkan kemudahan klaim hingga rekam jejak perusahaan (bisa dilihat di situs perusahaan).

Nah, itulah informasi tentang premi asuransi kesehatan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda masih bingung mencari asuransi kesehatan dengan premi yang tepat, Anda bisa mempertimbangkan asuransi kesehatan dari Sequis Life yang bisa Anda gunakan untuk melindungi diri Anda dan keluarga. Pelajari lebih lanjut di www.sequis.co.id Semoga bermanfaat!

Butuh bantuan ?