Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Kecilkan Perut Buncit Secara Alami Selama #DiRumahAja

23 Agustus 2021



Perut buncit menjadi salah satu masalah yang dialami masyarakat selama pandemi covid-19. Lantaran kurang gerak dan menghabiskan waktu di rumah untuk menjalani work from home (WFH), masyarakat jadi menimbun lemak dan mulai timbul perut buncit.

Menurut Medical News Today yang dilansir oleh Kompas.com, perut buncit juga bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya pola makan yang tidak seimbang, genetik, stres, konsumsi alkohol, hingga kurang tidur.

Perut buncit harus segera diatasi. Sebab, lemak yang tertimbun di sekitar perut dan mengelilingi organ dalam (jantung, hati, pankreas, usus, dan ginjal) bisa meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, serta kanker.

Yuk hilangkan perut buncit dengan melakukan beberapa kebiasaan berikut ini:
1. Mengurangi makanan tinggi kalori
Tubuh memang butuh kalori. Namun kalori yang berlebihan tanpa diiringi aktivitas luar ruang hanya akan membuat berat badan naik. Dengan mengurangi asupan kalori, tubuh akan memecah lemak yang tersimpan untuk dijadikan energi.

2. Konsumsi buah dan sayuran
Buah dan sayur memiliki kandungan nutrisi dan serat yang melimpah dan bagus untuk pencernaan. Dengan asupan serat yang cukup banyak, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, Anda jadi tidak tergoda untuk 'ngemil' atau mengonsumsi makanan yang berpotensi menimbun lemak di dalam tubuh

Baca Juga
Cara Cegah Ngantuk Usai Vaksinasi Covid-19
Rekomendasi Hampers di Masa Pandemi Covid-19
Pandemi Covid-19 Bisa Berubah Menjadi Endemi, Apa Bedanya?
Asuransi Online 'Naik Daun' Selama Pandemi Covid-19
Bongkar Mitos Covid-19 & Bagaimana Melawannya?

3. Rutin bergerak
Tidak ada waktu untuk berolahraga di sela-sela wfh? Tak masalah. Anda bisa mengecilkan perut buncit dengan sekadar aktif bergerak di dalam rumah sebelum dan sesudah makan siang. Lalu, sempatkan waktu untuk melakukan olahraga ringan ketika ada rehat ke kamar kecil atau mengambil air minum.

4. Hindari minuman manis
Usahakan tidak mengonsumsi minuman manis seperti soda, susu kemasan, atau boba selama wfh. Sebab, minuman manis sangat mudah membuat berat badan naik dan perut menjadi buncit.

5. Puasa serta istirahat yang cukup
Puasa menjadi salah satu cara efektif menghilangkan perut buncit. Anda bisa berpuasa selayaknya umat muslim melakukan ibadah puasa di bulan Ramadan atau sekadar puasa makanan dan hanya mengonsumsi air putih selama 12 jam. Selain berpuasa, coba atur pola tidur Anda. Kurang tidur bisa memengaruhi proses metabolisme tubuh dalam mencerna makanan.

Butuh bantuan ?