Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Mencari Asuransi Kesehatan Murah untuk Keluarga

18 November 2021



Memiliki asuransi kesehatan adalah salah satu yang bisa kita lakukan agar mendapatkan proteksi kesehatan serta keuangan. Intinya, asuransi kesehatan memberi peluang kepada nasabah untuk mendapatkan perawatan maksimal di rumah sakit terbaik bila sewaktu-waktu sakit. Dengan asuransi kesehatan pula, nasabah tidak dibebani biaya rumah sakit yang dapat menguras dompet. 

Dengan dua manfaat itu, memiliki asuransi kesehatan untuk keluarga terasa menjadi sebuah kewajiban. 

Ada beragam asuransi kesehatan yang beredar pada saat ini. Saking banyaknya, masyarakat mungkin jadi kebingungan memilih asuransi kesehatan yang tepat untuk mereka.

Asuransi kesehatan murah untuk keluarga menjadi salah satu yang patut Anda pertimbangkan. 
Bila saat ini Anda terpikir ingin mencari asuransi kesehatan murah untuk keluarga tapi belum tahu apa yang mesti diketahui, berikut ini tips agar Anda tidak salah memilih.

1.    Cari asuransi kesehatan murah untuk keluarga tapi dengan manfaat asuransi yang optimal
Tanyakan perihal ketentuan rawat inap karena ada produk asuransi kesehatan murah untuk keluarga yang menanggung biaya rawat inap sesuai tagihan (limit tahunan).  Ada pula asuransi dengan uang pertanggungan/UP (limit harian). 

Untuk asuransi dengan limit harian, biaya rumah sakit yang sudah melebihi plan harus ditanggung oleh nasabah. Jadi pastikan agar ketentuan biaya yang ditanggung sesuai dengan kebutuhan. 

Baca Juga
Rekomendasi Asuransi Jiwa Keluarga
Mengatur Keuangan Keluarga di Tengah Pandemi
Beragam Manfaat Asuransi Jiwa untuk Keluarga Anda
Libur Panjang Telah Tiba: Saatnya Liburan Bersama Keluarga
Memilih Asuransi Jiwa Terbaik sebagai Warisan untuk Keluarga

2.    Bandingkan antar produk asuransi kesehatan 
Untuk mencari asuransi kesehatan murah untuk keluarga yang tepat, Anda perlu juga membandingkan antar produk serta perhitungkan kebutuhan Anda dan keluarga. Bila tidak memerlukan pengobatan di luar negeri, sebaiknya tidak memilih manfaat ini karena akan membuat preminya menjadi mahal. 

3.    Pilih asuransi kesehatan murni 
Ada kemungkinan Anda akan ditawari dua jenis asuransi, yaitu asuransi kesehatan murni dan asuransi unit link. Di asuransi kesehatan murni, Anda akan mendapatkan uang pertanggungan yang besar namun dengan premi lebih murah. Untuk asuransi unit link, biasanya dana untuk untuk proteksi kesehatan lebih kecil karena alokasi dana dibagi dua, untuk manfaat asuransi dan investasi. Perbandingannya tergantung masing-masing perusahaan asuransi. 

4.    Perhatikan riwayat penyakit keluarga
Riwayat penyakit keluarga menjadi salah satu hal yang menjadi penentu Anda membeli asuransi kesehatan murah untuk keluarga. Bila ada anggota keluarga dengan riwayat penyakit kritis, Anda patut mempertimbangkan mencari asuransi kesehatan yang menanggung biaya perawatan dan pengobatan penyakit tersebut. 

5.    Pelajari polis dengan baik
Pelajari polis asuransi yang Anda terima. Sebagai nasabah, Anda mendapatkan free look period, yaitu waktu untuk meneliti asuransi yang sudah dibeli. Bila manfaatnya ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan Anda, polis asuransi bisa Anda batalkan dalam waktu 14 hari sejak polis issued. 

Selain manfaat, yang perlu Anda ketahui adalah istilah-istilah asuransi dalam polis tersebut, pahami dengan baik sehingga Anda mengerti penuh manfaat asuransinya. Perhatikan juga pengecualian yang terdapat dalam polis, termasuk masa tunggunya. 

6.    Miliki asuransi sejak muda 
Ingat,  harga premi asuransi juga ditentukan oleh usia seseorang. Semakin muda usia Anda, semakin murah premi yang akan Anda bayarkan. 

7.    Kenali sistem pembayaran 
Cari tahu sistem pembayaran asuransi kesehatan murah untuk keluarga. Metode pembayaran manfaat asuransi ada dua, yaitu cashless dan reimbursement. Sistem cashless memberikan kemudahan pembayaran karena Anda hanya perlu menunjukkan kartu kepesertaan asuransi saat proses administrasi. Setelah itu, pihak rumah sakit yang akan memastikan keanggotaan asuransi Anda ke perusahaan asuransi. Lalu perusahaan asuransi akan membayarkan biaya rumah sakit. Sementara reimbursement, Anda harus membayarkan lebih dulu semua tagihan rumah sakit, baru kemudian Anda bisa melakukan klaim ke perusahaan asuransi. 

8.     Mengetahui rumah sakit rekanan 
 Pastikan Anda mengetahui bahwa perusahaan asuransi tempat Anda membeli asuransi kesehatan murah untuk keluarga memiliki jaringan rumah sakit yang luas. Sehingga ketika suatu saat Anda akan menggunakan manfaat asuransinya, Anda bisa gunakan juga di kota lain. 

9.    Cari perusahaan asuransi yang kredibel
Sequis menyediakan berbagai produk asuransi untuk setiap tahap kehidupan nasabahnya seperti perlindungan jiwa dan kesehatan, investasi, pendidikan, dan dana pensiun. Informasi seputar ragam produk Sequis tersebut bisa dicari melalui www.sequis.co.id. Dan jika Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?