Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Menggunakan Uang THR Supaya Nyaman Merayakan Idul Fitri

8 April 2022



Tunjangan Hari Raya (THR) biasanya diberikan oleh perusahaan kepada karyawan pada satu pekan sebelum Hari Raya Idul Fitri. Saat momen itu, masyarakat biasanya langsung menggunakan THR untuk beli kebutuhan Lebaran seperti belanja baju baru, beli bahan makanan, atau untuk biaya mudik.

Sebetulnya, sah saja menggunakan uang THR untuk belanja. Namun, sebaiknya tidak dihabiskan dalam satu waktu sehingga sebagian THR disimpan agar bisa bermanfaat pada masa depan.

Nah, berikut ini beberapa trik yang bisa Anda lakukan agar THR tidak langsung ludes ketika 'mendarat' ke rekening.

1. Simpan di rekening Anda yang tidak memiliki kartu ATM
Transfer sebagian THR Anda ke rekening sekunder. Usahakan, rekening tersebut tidak memiliki kartu ATM. Jadi, Anda tidak bisa dengan leluasa menarik uang tersebut.

2. Langsung investasikan
Menabung dan berinvestasi memang butuh tekad yang kuat. Jadi, jangan tunda berinvestasi ketika THR sudah didapat. Langsung sisihkan minimal 10 persen dari THR Anda untuk beli emas, berinvestasi reksa dana, atau menambah lot saham yang sudah ada.

Baca Juga
Dapat THR? Jangan Dihabiskan Hanya untuk Lebaran
Hati-Hati, 6 Penyakit Ini Sering Menyerang Setelah Lebaran
Tips Kelola THR Agar Tidak Pamit Begitu Saja
Tips Tubuh Fit dan Bebas Covid-19 saat Mudik Lebaran 2022

3. Tentukan skala prioritas
Jangan biarkan THR berdiam terlalu lama di rekening primer Anda. Sebab, ditakutkan Anda tak sengaja menggunakan uang di rekening tersebut untuk belanja barang-barang yang sebetulnya bukan prioritas. Jadi, buat catatan skala prioritas sebelum THR ditransfer oleh kantor. Misal, untuk zakat, bayar gaji Asisten Rumah Tangga, mudik, serta belanja keperluan Lebaran. Setelah THR didapat, langsung alokasikan uang untuk pos-pos tersebut.

4. Lunasi Utang
Euforia mendapat THR jangan sampai membuat Anda lupa dengan utang. Justru, utang harus menjadi prioritas sebelum Anda menggunakan THR untuk kebutuhan konsumtif. Ingat, menutup momen Ramadan dan merayakan Idul Fitri bakal lebih syahdu dan tenang bila Anda sudah terbebas dari utang.

5. Atur alokasi dana THR suami-istri
Jangan campur aduk THR Anda dengan pasangan. Misal, THR pasangan digunakan untuk belanja kebutuhan pokok Idul Fitri, beli baju baru, dan lain-lain. Nah, usahakan THR Anda digunakan untuk keperluan masa depan, seperti menabung, digunakan sebagai dana darurat, berinvestasi, atau membeli asuransi untuk keluarga.

Butuh bantuan ?