Asuransi Tradisional atau Unit Link? Cek Perbedaannya

13 April 2022



Pemahaman masyarakat tentang asuransi perlahan-lahan mulai meningkatkan. Intinya, masyarakat sudah tahu bahwa asuransi kesehatan/asuransi jiwa memberikan perlindungan kesehatan, pertanggungan biaya rumah sakit, serta manfaat Uang Pertanggungan bila Tertanggung meninggal dunia atau cacat total tetap.

Namun, masyarakat kemungkinan menjadi bingung ketika dihadapkan dengan tawaran "mau asuransi tradisional atau asuransi unit link?"

•    ASURANSI UNIT LINK
Asuransi unit link memberikan manfaat proteksi sekaligus investasi. Besar manfaat investasi tergantung dari jenis investasi yang dipilih serta kondisi pasar modal. Tujuan investasi dalam asuransi unit link sebenarnya bukan mencari keuntungan saja, adapun dana yang terbentuk bisa dialokasikan untuk membayar biaya premi yang wajib dibayar atau nasabah bisa mengajukan cuti premi.

ASURANSI TRADISIONAL 
•    Asuransi ini  murni memberikan manfaat proteksi tanpa investasi. Jadi, nilai uang pasti akan diperoleh oleh pemegang polis  dan nilainya dapat diketahui sejak awal. Jumlah premi yang harus dibayarkan untuk asuransi tradisional biasanya lebih murah dibanding unit link.

Baca Juga
Kenali Macam Asuransi Jiwa Agar Sesuai Kebutuhan
Rekomendasi Asuransi Jiwa Unit Link Terbaik 2021
Daftar Asuransi Jiwa Terbaik dan Tepercaya
Apa Saja yang Ditanggung dalam Asuransi Jiwa?
Asuransi jiwa yang Pas Untuk Anak Muda

Asuransi tradisional terdiri dari tiga macam:
Asuransi whole life (seumur hidup)

Jenis asuransi ini memberikan proteksi hingga pemegang polis berusia 99 tahun (atau dianggap seumur hidup). Bila Tertanggung masih sehat saat kontrak berakhir, Tertanggung akan mendapatkan   nilai tunai. 

•    Asuransi term life (berjangka)
Jenis asuransi memberikan Uang Pertanggungan (UP) yang sangat besar dengan premi yang tergolong murah. Anda  yang menargetkan proteksi dalam jangka waktu tertentu dapat memilih jenis asuransi ini. Bila Tertanggung masih sehat saat akhir masa kontrak maka tidak akan mendapat Uang Pertanggungan.  

•    Asuransi endowment (dwiguna)
Jenis asuransi ini sifatnya seperti asuransi whole life. Tertanggung akan memperoleh UP bila masih hidup pada akhir masa kontrak. Premi pada asuransi endowment bisa lebih mahal dibanding asuransi berjangka.

Butuh bantuan ?