Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Bagaimana Agar Pengajuan Klaim Tidak Terkendala?

29 Pebruari 2024



Asuransi jiwa dan asuransi kesehatan bertugas melindungi aset finansial serta kesehatan keluarga. Namun, perlindungan itu terancam tidak didapat karena urusan klaim yang gagal atau tidak dibayarkan. Biasanya, klaim ditolak ketika terjadi peristiwa yang masuk ke dalam syarat pengecualian di buku panduan/buku polis.

Baca Juga: Prosedur Klaim Reimburse Asuransi Sequis

Nah, agar klaim Anda bisa lancar dan dibayarkan sesuai ketentuan polis, silakan simak ulasan berikut ini: 

•    Cek Polis Dengan Teliti
Manfaatkan masa mempelajari polis (Free look period) untuk mempelajari isi polis. Anda juga perlu memeriksa data administrasi yang tercantum. Pastikan sudah sesuai dengan data kependudukan. Hal lain yang perlu dicek adalah data surat menyurat harus sesuai dengan data terbaru agar memudahkan perusahaan asuransi menghubungi Anda.  

•    Isi sendiri SPA dengan data yang benar dan jujur
Usahakan Anda yang mengisi Surat Permintaan Asuransi (SPA) secara langsung. Tidak diwakilkan oleh kerabat atau agen asuransi. Lalu, jawablah sesuai kenyataan yang ada, misal jawab dengan jujur bila sudah pernah atau sedang memiliki polis asuransi lain. Jawab pula mengenai pengajuan asuransi atau klaim yang pernah ditolak oleh asuransi lain.

Baca Juga: Klaim Ditolak, Apa Saja Jenis Penolakan Klaim Asuransi?

Kondisi kesehatan juga harus diisi secara jujur dan sesuai riwayat dan kondisi saat ini. Informasikan kepada agen asuransi bila Anda pernah mendapatkan perawatan medis pada masa lalu. Terutama perawatan medis untuk penyakit berat. Jawaban Anda akan menentukan persetujuan pihak asuransi saat pengajuan polis dan saat pengajuan klaim 

•    Mengerti Syarat,  Aturan, dan informasi yang Tercantum di dalam Polis
Dalam polis asuransi kesehatan tercantum syarat-syarat \mengenai penyakit yang ditanggung, tata cara pengajuan klaim, dokumen yang diperlukan saat pengajuan klaim, hingga aturan soal premi dan biaya yang dikenakan.  Baca dan pelajari semua pasal dan ketentuan dalam polis. Silakan tanya kepada agen asuransi atau hubungi Customer Care perusahaan asuransi bila ada yang Anda tidak mengerti.

Baca Juga: Panduan Klaim Asuransi Kesehatan Anak

•    Pastikan Polis Aktif dan Telah Melewati Masa Tunggu
Pastikan polis tetap aktif. Caranya, Anda membayar premi secara rutin dan tepat waktu. Polis yang tidak aktif (lapse) membuat klaim tidak dapat diajukan. Pastikan pula polis Anda sudah melewati masa tunggu (waiting period) sebelum mengajukan klaim. Pemberlakuan ketentuan masa tunggu dimaksudkan untuk memantau dan menilai tingkat risiko nasabah.

Butuh bantuan ?