Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Menentukan Premi Asuransi Kesehatan Agar Terjangkau

6 September 2021



Asuransi kesehatan adalah salah satu produk asuransi yang harus dimiliki oleh semua orang. Dengan memiliki asuransi kesehatan, sesorang bisa terhindar dari pengeluaran finansial yang besar ketika sakit atau kecelakaan. Selain BPJS Kesehatan Anda perlu memiliki asuransi kesehatan swasta agar mendapatkan cakupan manfaat asuransi yang lebih luas. 

Di setiap asuransi ada istilah premi. Apa itu premi asuransi kesehatan? 
Secara umum, premi adalah biaya yang wajib Anda bayarkan kepada perusahaan asuransi. Premi bisa dibayarkan per bulan, 3 bulan, 6 bulan, atau tahunan. Setiap perusahaan asuransi menerapkan tanggal jatuh tempo dan masa tenggang untuk pembayaran premi. 

Baca Juga
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan
Rekomendasi Asuransi Kesehatan dengan Perlindungan Lengkap
Asuransi Kesehatan Semakin Diminati Selama Pandemi
Pemerintah Tanggung Covid-19, Perlu Asuransi Kesehatan?
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan

Masa tenggang yang diberikan biasanya 45 hari dari tanggal jatuh tempo. Perlu diingat, premi asuransi kesehatan yang Anda bayar akan sebanding dengan manfaat asuransi yang Anda dapatkan yang biasanya meliputi biaya rawat inap, rawat jalan, biaya kamar, kunjungan dokter, obat-obatan dan biaya lainnya. Jadi, semakin besar cakupan manfaat yang Anda dapatkan, semakin besar preminya. Begitupun sebaliknya.  

Apa saja yang perlu Anda perhatikan agar mendapatkan premi asuransi kesehatan yang terjangkau? 

1.    Ketahui dulu biaya pengeluaran wajib dan rutin Anda tiap bulan. Buatkan pos keuangan pengeluaran setiap bulan dan alokasikan sekitar 10% dari pendapatan Anda untuk asuransi. Hal ini agar Anda tahu berapa yang bisa Anda keluarkan dari untuk membayar premi asuransi kesehatan. 

2.    Besar premi asuransi kesehatan berbeda bila anda mengambil asuransi pada saat muda dibandingkan ketika sudah tua. Makin tua usia Anda, premi akan makin mahal. Usia dan jenis kelamin menentukan risiko kesehatan yang mungkin akan terjadi. 

3.    Kondisi kesehatan adalah faktor penting dalam menghitung premi asuransi kesehatan. Preminya akan lebih besar ketika sudah memiliki penyakit bawaan atau penyakit yang sudah ada sebelum membeli asuransi kesehatan.  

4.    Sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda, jangan sampai premi asuransi kesehatan yang dibayarkan mengganggu cashflow keuangan Anda.  Pilih asuransi kesehatan yang memiliki premi lebih terjangkau. Hal ini lebih baik dibanding tidak memiliki asuransi kesehatan sama sekali. 

Berikut ini rekomendasi produk asuransi kesehatan yang memiliki premi terjangkau.

1.    Hospital Protection, menawarkan santunan tunai harian untuk biaya rawat inap dan ICU, serta santunan kematian oleh sebab apapun dengan premi mulai dari Rp39.500 per bulan. 

2.    Super Well Protection, perawatan 10 penyakit kritis dengan premi mulai dari Rp50 ribu per bulan  

3.    Super Care Protection, perawatan 30 penyakit menular & asuransi kecelakaan dengan premi mulai dari Rp45 ribu per bulan 

4.    Super Strong Protection, proteksi jiwa dan 3 penyakit kritis dengan premi mulai dari Rp28.500 per bulan

Setelah mengetahui cara menentukan premi asuransi kesehatan di atas, sebaiknya Anda segera mencari tahu rangkaian produk asuransi yang tepat dan sesuai kondisi keuangan Anda agar bisa mendapatkan manfaat asuransi yang optimal dengan premi yang terjangkau. Klik www.sequis.co.id untuk mengetahui rangkaian produk Sequis. Jika ada pertanyaan mengenai produk, Anda bisa menghubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 dan WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?