Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cara Mudah Mengatur Keuangan Pasangan yang Baru Menikah

4 Pebruari 2022


Sepertinya banyak pasangan suami istri yang mengalami kesulitan mengelola keuangan rumah tangga. Terutama setelah menikah. Alhasil, jumlah pengeluaran biasanya lebih besar daripada pendapatan. 
Anda juga mengalami hal yang sama? Yuk perbaiki perencanaan keuangan Anda dan pasangan agar tidak menimbulkan efek buruk yang lebih besar pada masa depan.

1.    Buat Anggaran Harian, Mingguan, dan Bulanan dengan detail
Pertama-tama, silakan buat budget plan. Rencanakan apa yang harus dibeli untuk harian, mingguan, dan bulanan. Rencanakan kebutuhkan pokok terlebih dahulu lalu mengikuti kebutuhan lainnya. Kebutuhan atau biaya pokok di antaranya adalah:
a.    Biaya makan satu bulan
b.    Biaya pulsa, listrik, air dan internet
c.    Kebutuhan sehari-hari
d.    Bensin/ongkos kendaraan
e.    Bayar cicilan

2.     Manfaatkan Diskon atau Promo
Promo semakin banyak pada saat ini. Jadi, sebaiknya manfaatkan momen ini untuk belanja kebutuhan keluarga. Dengan demikian Anda bisa menghemat uang dan bisa digunakan untuk keperluan lain, menyimpannya sebagai dana darurat misalnya. 

Baca Juga
3 Asuransi Ini Patut Dimiliki Pengguna Transportasi Publik
Siapa yang Perlu Memiliki Asuransi Penyakit Kritis?
4 Kesalahan yang Tak Boleh Terjadi saat Beli Asuransi Jiwa
Rekomendasi Asuransi untuk Anak Muda di Era Digital
Rahasia Mendapatkan Asuransi yang Murah dan Terbaik
Rekomendasi Jenis Investasi untuk Persiapan Dana Pensiun

3.    Sisihkan Uang Untuk Tabungan
Selalu usahakan untuk menyisihkan sebagian uang gaji saat gaji diterima. Sebisa mungkin menempatkan uang tabungan di rekening yang berbeda. Sehingga uang tersebut tidak ‘tersentuh” saat Anda belanja. 

4.    Evaluasi Pengeluaran Tiap Bulan
Buat catatan pemasukan dan pengeluaran lalu evaluasi setiap bulan.  Catat pengeluaran yang dirasa tidak perlu. Dengan begitu, Anda bisa menghemat pengeluaran pada bulan-bulan berikutnya.

5.    Asuransi dan Investasi
Mulai menjalankan kebiasaan untuk berasuransi dan berinvestasi. Dengan berasuransi, Anda bisa mencegah uang tabungan tergerus bila sewaktu-waktu sakit. Berinvestasi juga pantang dilupakan agar nilai dari uang yang Anda miliki pada saat bisa berkembang dan ini tidak menyusut pada masa depan.

Bila Anda butuh perencanaan keuangan lainnya, Anda bisa meminta bantuan Sequis Personal Assistant di sequis.co.id. Bisa pula dengan menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.
 

Butuh bantuan ?