Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Gaji Cepat Habis saat WFO? Perhatikan 3 Hal Ini

22 September 2022



Mayoritas pekerja kantoran di kota-kota besar di Indonesia sudah kembali bekerja di kantor atau yang biasa disebut Work From Office (WFO). Rutinitas ini kembali dilakukan setelah dua tahun menjalani Work From Home (WFH) akibat adanya pandemi covid-19.

Baca Juga
Tips Mencegah Mata dan Badan Lelah saat WFO
4 Tips Atasi Rasa Cemas dan Stres karena Harus WFO
Sudah WFO? Benarkah Covid-19 Mudah Menyebar di Ruangan AC?
Lakukan Hal Ini Agar Virus Covid-19 Tak Muncul saat WFO
Pertanyaan Paling Dicari Masyarakat Sepanjang Pandemi Covid

Selama menjalani hari dan pekan awal WFO, beberapa orang mengeluh pengeluaran membengkak. Bahkan, beberapa orang merasa gaji sudah menipis pada tengah bulan.
Anda juga mengalami hal yang sama? Bisa jadi hal tersebut terjadi karena beberapa hal berikut ini:

1. Kenaikan harga transportasi dan BBM
Kapan terakhir kali menggunakan transportasi umum untuk pergi kantor? Mayoritas pekerja kantoran mungkin melakukannya 1-2 tahun lalu. Selama periode itu, harga tiket transportasi umum mungkin sudah naik beberapa kali. Harga bahan bakar minyak (BBM) juga telah naik secara signifikan. Alhasil, pengeluaran Anda untuk ke kantor pada saat ini sudah lebih besar dibanding 1-2 tahun sebelumnya. Situasi ini tentunya turut memengaruhi cash flow Anda.

Baca Juga
Bagaimana Membuat Rencana Keuangan dengan Gaji UMP?
Strategi Alokasi Gaji Agar Bisa Investasi Jangka Panjang
Cara Pintar Mengatur Keuangan Dengan Gaji Rp4 Juta
Cara Cermat Mengatur Gaji Bulanan ala Financial Planner
Gaji Fluktuatif, Ini Cara Mengatur Keuangan Freelancer
 

2. Mendadak sering ngopi
Pemberlakukan pembatasan sosial selama pandemi covid-19 membuat sejumlah orang jarang bertemu teman lama atau rekan kerja. Alhasil, ngopi, makan siang, hingga makan malam dengan sahabat menjadi agenda yang wajib dilakukan selepas WFO. 

Secara tidak disadari, rutinitas tersebut bisa bikin dompet Anda boncos. Uang makin sering keluar bila Anda mengagendakan ngopi bareng dengan teman kuliah, rekan kerja di kantor lama, kantor yang sekarang, keluarga, sampai teman main di rumah. Bila semua undangan ngopi Anda ikuti, niscaya bakal membuat isi dompet menjadi kempis. Sebab, seseorang biasanya harus mengeluarkan uang Rp50-100 ribu untuk sekali ngopi.

3. Terpukau dengan diskon dan promo
Main ke mall dan berbelanja rasanya jarang dilakukan saat Anda WFH atau ketika penyebaran virus covid-19 sedang masif. Alhasil, ajang 'balas dendam' kerap dilakukan oleh banyak orang, termasuk para pekerja kantoran ketika masa WFO. Setelah jam kantor, mereka biasanya pergi ke mall karena tak tahan dengan godaan promo/diskon yang ditawarkan. Situasi ini bisa membuat uang Anda cepat habis karena biasanya kalap belanja berujung membeli barang yang sebetulnya tidak dibutuhkan.

Butuh bantuan ?