Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Hal-hal yang Wajib Ada di Asuransi Rawat Jalan

11 November 2021



Apakah asuransi kesehatan menanggung rawat jalan? Apa yang dimaksud dengan asuransi rawat jalan? Apa saja yang masuk dalam asuransi rawat jalan? Beragam pertanyaan itu mungkin sudah ada di benak Anda. Untuk mendapatkan jawabannya, yuk simak pembahasan berikut ini.

Dalam praktiknya, asuransi rawat jalan menanggung biaya medis terkait konsultasi dengan dokter termasuk diagnosis penyakit dan obat-obatan yang diresepkan. Biasanya, ada manfaat tambahan berupa asuransi rawat jalan praopname dan pascaopname di setiap asuransi kesehatan. 

Agar mendapatkan jawaban lebih detail, jangan ragu bertanya kepada agen asuransi saat Anda sedang mencari asuransi kesehatan. Sebaliknya, bila asuransi kesehatan Anda hanya menanggung rawat inap, silakan tambahkan asuransi rawat jalan untuk mendapatkan manfaat perawatan gigi, kacamata, atau pemeriksaan dokter umum yang disebabkan karena kecelakaan.

Baca Juga
Tips Mengajukan Klaim Asuransi Kesehatan
Kenapa Klaim Asuransi Ditolak?
Cari Tahu Cara Mengajukan Klaim

Perusahaan asuransi punya sejumlah kebijakan pelayanan rawat jalan. Misalnya, rumah sakit mana saja yang meng-cover asuransi rawat jalan, jenis risiko penyakit-penyakit yang ditanggung oleh perusahaan asuransi, dan perawatan di rumah tapi dalam pengawasan dokter. 

Nah, terkait asuransi rawat jalan, beberapa pertimbangan di bawah ini bisa menjadi masukan bagi Anda saat akan memilih asuransi kesehatan.

1.    Memiliki kemampuan finansial yang baik agar dapat membayar premi
Asuransi kesehatan yang memiliki manfaat asuransi rawat jalan berguna saat Anda memasuki masa pemulihan setelah rawat inap. Biasanya, premi yang harus dibayarkan menjadi lebih besar bila Anda mendapatkan manfaat asuransi rawat jalan. Jadi, pastikan kemampuan finansial Anda terlebih dahulu sebelum memutuskan memiliki asuransi tambahan rawat jalan. 

2.    Lebih baik bila ada fitur cashless
Sistem cashless di asuransi rawat jalan akan memudahkan nasabah saat proses administrasi rumah sakit. Nasabah cukup menunjukkan kartu asuransi dan tak perlu mengeluarkan uang yang besar saat proses pembayaran. 

Baca Juga
Jangan Ikut-ikutan Tetangga, Berasuransi karena Memang Butuh
Tunda Komplain di Medsos, Pelajari Prosedur Klaim Asuransi
Premi Asuransi Bayar Bulanan atau Tahunan, Pilih yang Mana?

3.    Jaringan rumah sakit rekanan banyak dan mudah ditemukan
Perawatan medis sebaiknya di rumah sakit rekanan agar nasabah dapat menggunakan kartu cashless dan mendapatkan manfaat dari asuransi kesehatan yang dimiliki. Semakin luas jaringan rumah sakit rekanan semakin memudahkan Anda mendapatkan fasilitas perawatan kesehatan.

4.    Nilai pertanggungan yang besar 
Produk asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan yang besar atau mungkin tanpa limit membuat nasabah tak perlu risau dengan kenaikan biaya rumah sakit. Asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan besar yang bisa Anda pertimbangkan adalah asuransi kesehatan Sequis Q Infinite MedCare Rider yang memberikan nilai pertanggungan hingga Rp90 miliar. Informasi lanjut bisa dilihat pada www.sequis.co.id  

Butuh bantuan ?