Jangan Ikut-ikutan Tetangga, Berasuransi karena Memang Butuh

1 November 2021



Asuransi terus diperbincangkan dalam satu tahun terakhir. Akibat kemunculan pandemi covid-19, masyarakat akhirnya berlomba-lomba memiliki asuransi kesehatan/jiwa. Ada pula yang berasuransi karena ikut-ikutan tren atau ikut-ikutan tetangga, keluarga, hingga rekan kerja. 

Nah, masyarakat yang berasuransi karena ikut-ikutan tren atau tetangga punya kecenderungan belum memahami secara detail dengan manfaat, cara klaim, hingga jenis-jenis asuransi dipilih. Pada akhirnya, tidak sedikit dari mereka yang merogoh kocek besar untuk mendapatkan proteksi. Padahal, premi asuransi bisa sangat terjangkau bila masyarakat mengambil asuransi yang sesuai kebutuhan.

Jadi, sebelum Anda memutuskan membeli produk asuransi, ada baiknya mengenal Jenis Asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan keuangan. 

Beda Risiko, Beda Asuransi
Setiap risiko harus dihadapi dengan cara yang berbeda. Jika Anda memiliki tabungan dan takut semuanya habis hanya gara-gara sakit, ada baiknya memiliki asuransi kesehatan. Sedangkan bagi Anda yang menjadi pemberi nafkah utama di dalam keluarga dan tidak ingin meninggalkan istri dan anak-anak dalam kesulitan finansial, produk asuransi jiwa adalah jawaban yang tepat untuk Anda.

1.    Asuransi jiwa
Jenis proteksi ini menanggung risiko kematian tertanggung dengan memberikan kompensasi berupa Uang Pertanggungan (UP) kepada anggota keluarga yang ditunjuk sebagai ahli waris. Pemberian dana kompensasi ini diharapkan mampu menanggulangi kondisi finansial yang tidak menentu setelah ketidakhadiran tulang punggung keluarga.

Sebuah kematian yang mendadak tentu menjadi pukulan berat bagi anggota keluarga yang ditinggalkan sehingga perusahaan penyedia jasa proteksi berinisiatif untuk memberikan kesempatan bagi keluarga yang kehilangan pencari nafkah utama untuk tetap melanjutkan hidup dengan baik tanpa terbebani masalah finansial.

2.    Asuransi kesehatan
Biaya perawatan kesehatan di Indonesia cenderung mengalami peningkatan setiap tahun. Nah, keberadaan asuransi kesehatan membuat Anda tidak perlu memusingkan hal itu. Dengan biaya premi yang dibayarkan secara rutin, Anda tidak lagi dibebani dengan biaya pengobatan dan tindakan perawatan medis lain bila jatuh sakit karena ada asuransi yang akan membayarnya. Untuk itu, pilihlah asuransi kesehatan yang menyediakan jaminan perawatan kesehatan yang layak sesuai dengan kebutuhan medis Anda.

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Anak
Asuransi Kesehatan Sequis
Pahami Manfaat Asuransi Kesehatan
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan

3.    Asuransi pendidikan
Ketika Anda menabung untuk dana pendidikan anak, terkadang tidak dapat berjalan lancar dan teratur. Sebab ada saja kebutuhan yang harus dipenuhi. Tentu saja, hal ini berpotensi terjadi berkurangnya dana yang Anda miliki ketika anak membutuhkan biaya pendidikan. Sebaliknya, dengan mengikuti program asuransi pendidikan untuk anak, hal tersebut tidak akan terjadi sebab Anda sudah secara rutin membayar biaya premi sesuai jangka waktu dan nominal yang dikehendaki.

Pengelolaan risiko dengan cara yang tepat memang tidak akan menjamin bahwa Anda terbebas sepenuhnya dari sebuah konsekuensi musibah tak terduga. Namun memiliki asuransi setidaknya bisa meminimalkan kerugian yang Anda terima atas risiko hidup yang terjadi pada masa depan.

Butuh bantuan ?