Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jangan Abai! Cari Tahu Jenis Asuransi Sebelum Membeli

8 Maret 2022



Musibah bisa menimpa seseorang kapan dan di mana saja. Oleh karena itu, setiap orang memerlukan perlindungan agar bisa meminimalkan kerugian saat musibah datang. Contoh konkretnya seperti ini: bila seseorang tak mau mengeluarkan uang dalam jumlah banyak ketika harus dirawat di rumah sakit, sebaiknya melindungi diri dengan asuransi kesehatan. 

Bisa pula dalam contoh seperti ini: Pria A adalah kepala keluarga dan pemberi nafkah utama untuk istri dan anak-anak. Pria A ingin meminimalkan kerugian yang bisa timbul bila dia sewaktu-waktu berhenti bekerja karena kecelakaan atau meninggal dunia. Pria A akhirnya melindungi finansial keluarga dengan asuransi jiwa. Nantinya, Uang Pertanggungan (UP) dari asuransi jiwa akan diberikan kepada keluarga bila A mengalami cacat total atau meninggal dunia. 

Dari dua contoh itu sudah bisa ditarik kesimpulan. Asuransi jiwa adalah produk keuangan yang ditujukan untuk meminimalkan risiko finansial bila terjadi risiko hidup seperti sakit, kecelakaan, atau tutup usia. Sedangkan asuransi kesehatan akan menanggung biaya pengobatan hingga perawatan medis bila Tertanggung sakit. Perawatan medis ini bisa berupa rawat jalan, rawat inap, atau pembedahan. 

Nah, untuk kali ini bakal dibahas secara lebih detil mengenai asuransi jiwa. Khususnya tentang jenis-jenis asuransinya. Dengan begitu, Anda jadi 'kenyang' literasi sehingga bisa memilih jenis asuransi jiwa yang tepat untuk diri sendiri. 

Asuransi jiwa ini memiliki beberapa jenis asuransi yaitu: 
-    Asuransi jiwa berjangka (term life insurance) 
produk asuransi jiwa jenis ini memberikan pertanggungan selama jangka waktu tertentu yang disebut jangka waktu polis. Manfaat jenis asuransi ini akan dibayarkan bila:
a.    Tertanggung tutup usia dalam jangka waktu polis yang sudah ditetapan
b.    Polis masih berlaku ketika Tertanggung meninggal dunia
Bila Tertanggung masih hidup hingga berakhirnya jangka waktu yang ditetapkan, perusahaan asuransi akan menawarkan pemegang polis untuk melanjutkan pertanggungan. Namun bila tidak dilanjutkan, polis berakhir dan perusahaan asuransi tidak berkewajiban memberikan pertanggungan bila terjadi risiko. 

-    Asuransi jiwa seumur hidup (whole life insurance)
Jenis asuransi ini memberikan pertanggungan seumur hidup selama polis masih berlaku. Asuransi ini adalah salah satu jenis asuransi yang bisa digunakan sebagai warisan bagi keluarga. Bila terjadi risiko kecelakaan maupun tutup usia, santunan dari perusahaan asuransi berupa uang pertanggungan (UP) akan diberikan kepada ahli waris. 

Baca Juga
Hal-hal Dasar yang Perlu Anda Ketahui Tentang Asuransi Jiwa
Tips sebelum Beli Asuransi Penyakit Kritis dan Unit Link
Tips Membeli Asuransi Unit Link agar Tak Merasa Ditipu
4 Kesalahan yang Tak Boleh Terjadi saat Beli Asuransi Jiwa
Contoh Asuransi Jiwa Terjangkau dari Sequis

-    Asuransi jiwa dwiguna (endowment insurance)
Jenis asuransi ini memberikan suatu jumlah manfaat tertentu apakah Tertanggung hidup sampai akhir jangka waktu pertanggungan atau tutup usia selama jangka waktu pertanggungan. Asuransi jiwa ini memiliki tanggal jatuh tempo yaitu tanggal pembayaran uang pertanggungan oleh perusahaan asuransi kepada pemegang polis bila Tertanggung masih hidup. Tanggal jatuh tempo akan tercapai pada jangka waktu yang telah ditetapkan atau ketika Tertanggung mencapai usia yang telah ditetapkan. 

-    Asuransi unit link 
Jenis asuransi ini adalah asuransi yang menggabungkan manfaat asuransi dengan investasi. Premi yang dibayarkan oleh pemegang polis dialokasikan dalam dua pengelolaan premi yang terpisah, yaitu premi dasar untuk proteksi dan premi investasi. Dengan membeli produk ini, Tertanggung akan mendapatkan dua manfaat asuransi yaitu perlindungan asuransi dan hasil investasi. Jenis asuransi ini juga bisa dimanfaatkan sebagai warisan. Ahli waris akan mendapatkan santunan berupa uang pertanggungan (UP) dan juga imbal hasil investasi yang terbentuk dari investasi yang dikelola oleh manajer investasi. 

Untuk Anda yang sedang mencari asuransi jiwa sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa mencari tahu jenis asuransinya melalui www.sequis.co.id. Bila Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?