Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Jenis Investasi yang Layak Dipertimbangkan Selama Resesi

15 Maret 2023



Resesi menjadi topik hangat yang bakal menghantui masyarakat sepanjang 2023. Kabarnya, resesi bakal melanda lebih dari 70 negara sehingga mengganggu stabilitas ekonomi global sepanjang tahun ini.

Gejolak resesi sudah mengganggu banyak perusahaan di Indonesia sejak akhir 2022 dan awal 2023. Itu terlihat dari rentetan kebijakan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) hingga keputusan menutup lini bisnis seperti yang terjadi di industri start-up beberapa waktu lalu.

Baca Juga
Penarikan Investasi dan Deviden
Penarikan Nilai Tunai / Dana Investasi
Pengajuan Transaksi Polis Unit Link
Investasi Jadi Tren, Kenali Investasi Bodong Agar Tak Rugi
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana

Berkaca dari situasi sekarang, masyarakat yang masih memiliki pekerjaan dan stabil dari segi ekonomi dihimbau agar cermat mengatur keuangan. Salah satu cara yang disarankan adalah hidup hemat dan berinvestasi. Namun, instrumen investasi yang dipilih harus aman dan minim risiko di tengah ancaman resesi. Berikut ini beberapa investasi yang layak dipertimbangkan.

1. Investasi reksa dana pasar uang
Reksa dana pasar uang memiliki risiko paling rendah dibanding jenis reksa dana lain seperti reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, serta reksa dana saham. Serta keuntungan yang berpotensi didapat juga lebih kecil dibanding jenis reksa dana lainnya.
Reksa dana pasar uang cocok buat investor tipe konservatif, yakni investor yang meminimalkan risiko namun tetap mencari keuntungan. Lazimnya, jangka waktu investasi di reksa dana pasar uang kurang dari setahun. Investasi ini cocok untuk kebutuhan jangka pendek atau digunakan sebagai dana darurat.

Keunggulan Investasi Reksa Dana Pasar Uang:
a. Risiko investasi reksa dana pasar uang relatif rendah
b. Investasi reksa dana pasar uang bisa dimulai dengan modal Rp100 ribu
c. Bersifat likuid yaitu dana investasi bisa dicairkan kapan saja
d. Imbal hasil investasi reksa dana pasar uang lebih besar dibandingkan deposito bank.
e. Cocok buat investor untuk investasi jangka pendek
f. Rekomendasi investasi reksa dana pasar uang bisa dicek di tautan berikut ini (https://www.sequis.co.id/id/investment/investasi-reksa-dana/investasi-reksa-dana-pasar-uang/sequis-liquid-prima)

Baca Juga
Ada Ancaman Resesi, Perlukah Menggelar Pernikahan Sederhana?
Kelola Keuangan Guna Menghadapi Badai Resesi Ekonomi
Apa yang Harus Disiapkan Bila Indonesia Kena Resesi 2023?
Tips Ampuh Hadapi Inflasi dan Resesi 2023
Fresh Graduate Bergaji Rp8 Juta? Bisa Banget Hidup Layak

2. Surat utang pemerintah
Savings Bond Ritel (SBR), Sukuk Tabungan (ST), dan Obligasi Negara Ritel (ORI) merupakan surat utang yang dirilis pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Surat utang dikeluarkan setiap tahun untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan negara dalam APBN.
Investasi di surat utang pemerintah terbilang rendah risiko karena dijamin oleh negara. Selain itu, modal untuk memulai investasi ini juga kecil. Anda bisa mulai berinvestasi dengan modal dari Rp1 juta.

3. Emas
Investasi emas selalu menjadi primadona. Ini terjadi karena nilai emas relatif stabil. Ketika ada sentimen negatif, penurunan harga emas tidak membuat pemiliknya khawatir. Untuk jangka panjang, investasi emas bisa memberikan potensi return yang lumayan besar. Investasi emas makin direkomendasikan karena sifatnya yang likuid atau mudah dijual ketika Anda butuh uang tunai untuk keperluan mendesak.

Butuh bantuan ?