Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kapan Waktu yang Tepat Mengevaluasi Polis Asuransi Jiwa?

10 Maret 2022



Apakah Anda sudah memiliki polis asuransi jiwa? Apakah manfaat asuransinya sudah sesuai dengan kebutuhan keluarga pada masa depan?

Cara mengetahui manfaat asuransi jiwa sudah sesuai kebutuhan sangat mudah. Anda tinggal kalkukasi (bisa dengan perhitungan sederhana) kebutuhan keluarga pada 10 atau 20 tahun mendatang. Misal: pengeluaran saat ini sebesar Rp20 juta per bulan. Bila ditambah dengan inflasi sebesar 5% per tahun, Anda diperkirakan perlu uang Rp30-40 juta per bulan agar bisa memenuhi kebutuhan hidup. Itu artinya, Anda perlu Rp360-480 juta dalam satu tahun. 

Lantas, berapa Uang Pertanggungan (UP) yang bakal Anda dapat dari polis asuransi jiwa? Rp1-2 miliar? Dengan jumlah UP sebesar itu, Anda diperkirakan hanya punya kecukupan dana untuk memenuhi kebutuhan hidup selama 4-5 tahun.

Bila merasa belum puas dengan hal tersebut, sudah sepatutnya Anda mengevaluasi polis asuransi jiwa yang sudah dimiliki.

Baca Juga
Kenali Macam Asuransi Jiwa Agar Sesuai Kebutuhan
Rekomendasi Asuransi Jiwa Unit Link Terbaik 2021
Daftar Asuransi Jiwa Terbaik dan Tepercaya
Apa Saja yang Ditanggung dalam Asuransi Jiwa?
Asuransi jiwa yang Pas Untuk Anak Muda

Evaluasi polis asuransi jiwa juga bisa dilakukan ketika pendapatan dan pengeluaran Anda berubah akibat peristiwa tertentu. Misal:

Kapan waktu yang tepat untuk mengevaluasi polis asuransi jiwa Anda? 

1.    Setiap ada momen baru dalam hidup seperti menikah, memiliki anak, mendapatkan promosi jabatan
2.    Setiap ada pendapatan baru misalnya kenaikan gaji atau ada sumber pendapatan lain 
3.    Setiap ada kewajiban baru seperti KPR, KPM, dan kredit usaha
4.    Setiap tiga tahun, apakah manfaat asuransinya masih sesuai dengan kebutuhan 

Apa langkah yang harus diambil untuk mengevaluasi polis asuransi jiwa Anda?

1.    Anda dapat menaikkan uang pertanggungan dengan melihat kebutuhan keluarga Anda. Dengan adanya momen baru dalam hidup, tentunya Anda akan memiliki tanggung jawab lebih 

2.    Mengubah jenis polis karena adanya beda konsep perlindungan. Dengan memiliki tanggung jawab lebih karena menikah, atau memiliki anak, tentunya Anda harus mengubah manfaat polis asuransi yang sudah ada sebelumnya agar dapat menanggung kebutuhan seluruh anggota keluarga

3.    Rekonsiliasi polis agar biaya ringan, misalnya bila Anda memiliki asuransi pribadi, bisa diubah dengan memiliki asuransi untuk keluarga. Dengan satu polis, kebutuhan keluarga Anda dapat terpenuhi. 

4.    Membeli polis baru karena polis asuransi sebelumnya tidak memenuhi kebutuhan hidup keluarga di masa depan 

Yuk  evaluasi polis asuransi jiwa Anda agar sesuai dengan kebutuhan keluarga. Untuk mencari tahu ragam produk asuransi jiwa Sequis, klik Informasi lengkapnya di www.sequis.co.id. Bila Anda memiliki pertanyaan, Anda bisa hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929, WhatsApp ke 08111 33 2222 atau email ke care@sequislife.com setiap Senin-Jumat pukul 08.15 – 17.00 WIB.

Butuh bantuan ?