Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Kredibilitas Perusahaan Asuransi, Bagaimana dengan Sequis?

30 Desember 2022



Ada beragam perusahaan asuransi yang menjalankan bisnisnya di Indonesia. Tentunya, semua perusahaan itu menawarkan produk-produk dan manfaat yang berbeda-beda.  
Lantas, bagaimana memilih perusahaan asuransi tepercaya dan memberikan manfaat terbaik?

Sebelum menentukan pilihan, pastikan perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar dan mendapat izin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, rekam jejak perusahaan juga harus ditelusuri. Minimal, perusahaan asuransi tersebut minim tersangkut berita tidak baik.

Perusahaan asuransi yang kredibel sudah sepatutnya bisa menjawab semua kebutuhan dan memberikan solusi bagi calon nasabah. Dalam artian, semua keperluan calon nasabah bisa dijawab dengan rinci oleh agen atau National Service Centre perusahaan asuransi bersangkutan.

Jadi, agen-agen perusahaan asuransi yang dituju juga seharusnya tidak memberikan/ menawarkan produk secara berlebihan. Bila Anda bertemu dengan agen yang terlalu muluk memberikan janji atau memberikan produk dengan manfaat berlebihan namun dengan premi yang sangat rendah, rasanya perlu dipertanyakan kredibilitas perusahaan asuransi yang sedang menawarkan produk kepada Anda.

Baca Juga
Cedera yang Sering Terjadi saat Olahraga & Cara Mengatasinya
Musim Hujan Mulai Melanda, Lakukan 3 Olahraga Ini di Rumah
Olahraga Bisa Menguras Dompet Hingga Puluhan Juta, Kok Bisa?

Selain itu, perusahaan asuransi yang kredibel akan memberikan informasi secara detil tentang produk-produk yang memang sesuai kebutuhan nasabah. Lalu, perusahaan asuransi tepercaya juga memperkerjakan agen-agen bersertifikasi. Dengan begitu, kompetensi mereka sudah terjamin.

Hal yang tak kalah penting, perusahaan asuransi tepercaya memiliki kredibilitas yang baik. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya penghargaan yang diterima dan lamanya melakukan bisnis di Indonesia. Perusahaan yang terdaftar di OJK sejak lama dan membukukan keuntungan tentunya memiliki jejak rekam dan reputasi yang baik.
Perusahaan asuransi yang tepercaya memiliki rasio solvabilitas yang tinggi sehingga memiliki aset yang cukup untuk membayar kewajibannya. Dalam jasa asuransi, rasio ini dikenal dengan istilah risk based capital (RBC). Persyaratan minim yang sudah ditetapkan pemerintah untuk RBC perusahaan asuransi adalah 120%.

Baca Juga
Pandemi Covid-19 Bisa Berubah Menjadi Endemi, Apa Bedanya?
Miliki Asuransi Kesehatan di Tengah Pandemi
Seperti Apa Kehidupan Setelah Pandemi Berakhir?
Penyebab Stres Selama Pandemi Covid-19 dan Cara Mengatasinya
Libur Saat Pandemi: Perhatikan Kesehatan & Finansial

Total asset perusahaan juga menunjukkan kekuatan finansial perusahaan. Semua ini bisa dilihat di website resmi perusahaan. Sedangkan dana jaminan guna melindungi nasabah sudah diatur dalam peraturan OJK No. 71/POJK.05/2016 yang menjelaskan bahwa aset perusahaan merupakan jaminan paripurna untuk melindungi para nasabah atau peserta jasa proteksi dari risiko gagal melunasi klaim dari perusahaan proteksi. Dengan adanya dana jaminan berupa aset perusahaan yang mencukupi, para nasabah tidak perlu merasa sangsi tentang apakah perusahaan tersebut dapat memenuhi semua tanggungan atau tidak.

Selain itu, perusahaan asuransi yang dapat dipercaya telah menjalin kemitraan dengan fasilitas-fasilitas layanan kesehatan serta rumah sakit terkemuka di seluruh Indonesia. Dengan begitu, para pemegang polis akan dimanjakan dengan berbagai pilihan klinik atau rumah sakit yang luas untuk berobat.

Nah, itu merupakan ciri-ciri perusahaan asuransi kredibel. Semua ciri-ciri itu ada di perusahaan asuransi Sequis Life. Untuk saat ini, nilai RBC Sequis berada di angka 526% pada 2022. Sequis juga memiliki lebih dari 500 rumah sakit rekanan yang tersebar di Indonesia dan seluruh dunia.

Yuk rencanakan masa depan Anda bersama Sequis Life dengan beragam produk-produk yang sesuai kebutuhan. Detail informasi selengkapnya bisa Anda dapatkan dengan menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?