Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Cedera yang Sering Terjadi saat Olahraga & Cara Mengatasinya

22 Oktober 2021



Pandemi covid-19 membuat banyak orang mulai memerhatikan hidup sehat. Termasuk menyempatkan diri untuk berolahraga minimal 1-2 kali dalam seminggu. Bersepeda dan jogging menjadi olahraga yang banyak dipilih oleh masyarakat.

Namun di balik keseruannya, berolahraga tetap mengandung risiko, salah satunya cedera. 
Biasanya, cedera terjadi karena kurang pemanasan serta peregangan sebelum berolahraga.
Apa saja cedera yang biasanya terjadi dan patut diwaspadai saat bersepeda atau jogging? 

1. Otot tegang dan keseleo
Pergelangan kaki terkilir, peradangan tendon, sampai keseleo adalah cedera yang cukup umum saat berolahraga. Biasanya ini terjadi saat seseorang berolahraga lari cepat atau melakukan lompatan. Cedera ini bisa dihindari bila seseorang melakukan pemanasan secara benar, konsisten berolahraga, dan tidak melakukan olahraga berat setelah vakum olahraga dalam waktu yang lama.

2. Cedera engkel
Cedera ini menyerang otot pergelangan kaki. Biasanya terjadi saat seseorang olahraga sepak bola atau basket yang membutuhkan kecepatan saat lari dan melakukan lompatan. Rajin melatih pergelangan kaki dan betis dianjurkan agar terhindar dari cedera engkel

Baca Juga
Manfaat Asuransi Kesehatan Terbaik
Urgensi Memiliki Asuransi Kesehatan Anak
Asuransi Kesehatan Sequis
Pahami Manfaat Asuransi Kesehatan
Hadapi Pandemi dengan Asuransi Kesehatan

3. Cedera siku
Golf menjadi olahraga yang digandrungi dalam beberapa tahun terakhir. Terutama pada masa pandemi covid-19. Meski tidak membutuhkan banyak gerakan seperti olahraga lari, bermain sepak bola, dan basket, olahraga golf juga punya potensi menimbulkan cedera, yakni cedera siku. Cedera ini biasanya menyebabkan nyeri di dalam dan luar siku. 

Cedera-cedera tersebut menjadi risiko yang harus disikapi dengan serius oleh para penggiat olahraga. Sebab, biaya pengobatannya tidaklah murah. Bila tidak ada proteksi diri, olahraga yang seharusnya menyenangkan malah bisa membuat Anda menguras kocek besar akibat risiko cedera.
Jadi, akan lebih baik bila masyarakat yang hobi berolahraga juga diproteksi dengan asuransi. Dengan begitu, uang tabungan tidak akan terkuras ketika hal tidak terduga terjadi seperti keharusan mengeluarkan biaya pengobatan cedera.

Sebisa mungkin memilih asuransi kesehatan yang bisa menanggung hingga ke biaya fisioterapi. Nah kebetulan, Sequis Life memiliki produk yang mendukung untuk itu, yakni Sequis Q Infinite MedCare Rider. Produk tersebut menanggung semua biaya kesehatan termasuk sampai ke fisioterapi. Jadi, nasabah bisa fokus ke pemulihan tanpa memikirkan biaya.

Butuh bantuan ?