Cara Menentukan Asuransi Pendidikan untuk Anak

12 April 2021


Dana pendidikan berpotensi meningkat setiap tahun


Menyiapkan dana pendidikan anak merupakan kewajiban setiap orang tua. Salah satu cara untuk merencanakan dana pendidikan anak dapat Anda lakukan melalui asuransi pendidikan. Namun, persiapan harus dilakukan sejak dini. Mengingat dana pendidikan berpotensi meningkat setiap tahun. Bila bujet tidak dipersiapkan dan dialokasikan dari jauh hari, Anda bisa kelimpungan ketika sudah harus bayar biaya pendaftaran sekolah anak. 

Sebelum membeli produk asuransi pendidikan, pahami manfaat asuransi pendidikan berikut risikonya. Memilih perusahaan asuransi juga tidak boleh asal. Jangan sampai rencana menempatkan anak di sekolah terbaik pada masa depan terhalang karena Anda membeli produk asuransi pendidikan yang kurang sesuai dengan kebutuhan atau memilih perusahaan asuransi yang salah. 

Oleh karena itu, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips sebelum membeli asuransi pendidikan berikut ini: 

1.    Perhatikan Reputasi Perusahaan Asuransi dan Produk Asuransi yang Ditawarkan 
Hal yang harus Anda lakukan sebelum memilih asuransi pendidikan adalah mencari tahu lebih dalam mengenai reputasi atau track record perusahaan asuransi maupun produk asuransi pendidikan yang hendak Anda beli. Anda bisa memeriksa apakah perusahaan tersebut sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Periksa pula laporan keuangan dari perusahaan asuransi tersebut untuk mengetahui kekuatan keuangannya. Bisa melalui situs perusahaan atau berita-berita di media massa nasional. Bakal lebih baik bila Anda punya rekan atau anggota keluarga yang sudah menjadi nasabah dari perusahaan asuransi tersebut. Sehingga Anda bisa bertanya kepada mereka mengenai pengalaman berasuransi di perusahaan tersebut. 

Baca Juga
Rekomendasi Asuransi Pendidikan Sequis
5 Keuntungan Memiliki Asuransi Pendidikan dari Sekarang
Memilih Asuransi Pendidikan, Apa yang Harus Diperhatikan?
Manfaat Maksimal dalam Asuransi Pendidikan Plus Kesehatan
Hal yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Asuransi Pendidikan

2.    Memastikan Besaran Premi Sesuai Bujet Anda 
Jangan mengeksploitasi pendapatan Anda untuk membayar premi asuransi. Bayarlah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Dengan begitu, Anda masih punya uang cadangan untuk keperluan lain. Ingat, biaya pendidikan anak tidak terbatas ke biaya uang pangkal masuk sekolah saja. 

Kelak, ada biaya-biaya lain yang harus dipersiapkan orang tua untuk pendidikan anak Anda. Contoh, tambahan biaya les pelajaran tambahan atau bahasa asing. Juga ada biaya tambahan bila anak Anda memiliki bakat di bidang musik atau olahraga. Sebagai orang tua yang mendukung bakat anak, Anda perlu membeli alat musik atau peralatan olahraga untuk kegiatannya. Dengan demikian Anda perlu mempersiapkan anggaran dan memasukan alokasi bujet ini ke dalam perencanaan keuangan. 

3.    Melibatkan Pasangan Anda dalam Mempersiapkan Dana Pendidikan 
Terasa lebih baik bila Anda dan pasangan transparan mengenai rencana pendidikan anak. Dengan begitu, Anda bisa berdiskusi mengenai rencana sekolah yang akan dituju serta besaran premi yang akan dibayar. Alhasil, menyiapkan dana pendidikan anak melalui asuransi pendidikan tidak akan memberatkan cash flow Anda. 

Melalui beberapa tips tersebut semoga Anda dan pasangan bisa mempersiapkan dana pendidikan anak dengan baik. Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli asuransi Pendidikan Sequis. Bila tertarik, Anda dapat menghubungi Sequis melalui layanan live chat dengan Sequis Personal Assistant di www.sequis.co.id. Anda juga dapat menghubungi layanan konsumen Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 dan email ke alamat care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?