Memilih Asuransi Pendidikan, Apa yang Harus Diperhatikan?

6 September 2018



Pendidikan adalah salah satu investasi terbaik dalam kehidupan. Sudah semestinya setiap orang memiliki kesempatan untuk mengenyam pendidikan setinggi mungkin. Sayangnya, hal tersebut biasanya terkendala oleh masalah anggaran, mengingat biaya pendidikan yang rata-rata meningkat setiap tahunnya. Oleh sebab itu, akan sangat baik jika Anda menggunakan asuransi pendidikan untuk anak. Dengan begitu, anak bisa lebih leluasa memilih sekolah impiannya dan Anda juga siap dengan biaya yang dibutuhkan.

Namun, mengingat ada begitu banyak produk asuransi pendidikan yang tersedia, memilih satu yang paling tepat di antaranya bisa jadi membingungkan. Anda harus terlebih dulu mempertimbangkan beberapa hal berikut ini.

  • Kebutuhan dana pendidikan anak

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah jumlah dana pendidikan yang dibutuhkan anak. Bagaimana cara untuk mengetahuinya? Nah, Anda sebaiknya menyusun rencana pendidikan anak, di mana Anda akan menyekolahkan mereka. Tentunya Anda harus melibatkan anak dalam hal ini karena bagaimana pun juga mereka yang akan menjalani masa sekolah nanti.

Misalnya, saat ini anak Anda masih duduk di bangku SMA. Artinya, Anda masih punya waktu dua sampai tiga tahun untuk mempersiapkan biaya kuliahnya. Ajak anak untuk mengobrol, jurusan kuliah dan kampus apa yang akan dituju. Bahkan jika perlu, minta anak untuk memberikan beberapa alternatif kampus sehingga Anda bisa mempersiapkan dana pendidikan dengan matang. Apabila rencana telah disusun, Anda dapat mencari tahu berapa biaya yang dibutuhkan untuk masuk ke jurusan dan kampus yang hendak dituju, lengkap dengan biaya hidup per bulannya. 

  • Kondisi anggaran keuangan

Setelahnya, lakukan evaluasi anggaran keuangan. Berdasarkan prediksi jumlah biaya pendidikan anak, Anda bisa memperkirakan jumlah yang seharusnya Anda sisihkan per bulan selama beberapa tahun ke depan hingga target biaya tercapai. Dengan melakukan evaluasi pula, Anda bisa melakukan prioritas dalam mengalokasikan dana sehari-hari sehingga nantinya pembayaran asuransi pendidikan anak tidak terganggu. 

  • Fasilitas dan manfaat yang ditawarkan

Ada begitu banyak produk asuransi pendidikan yang tersedia, tetapi mana yang terbaik untuk anak Anda? Tentunya yang memiliki fasilitas dan manfaat sesuai dengan perencanaan kebutuhan pendidikan anak. Jika misalnya saat ini anak Anda masih duduk di bangku SD dan Anda sudah ingin mempersiapkan biaya kuliahnya, sebaiknya cari asuransi pendidikan yang memiliki masa pertanggungan cukup lama seperti Sequis EduPlan Insurance dan Sequis Global EduPlan Insurance dengan masa pertanggungan hingga delapan belas tahun.

  • Pembayaran premi

Agar dana asuransi pendidikan bisa terkumpul, setiap bulannya Anda harus membayar premi dalam jumlah tertentu hingga jangka waktu yang telah ditentukan. Nah, ketentuan pembayaran premi ini menjadi salah satu hal penting untuk dipertimbangkan dalam memilih asuransi pendidikan. 

Pastikan jumlah premi tidak memberatkan Anda. Itulah kenapa Anda harus melakukan evaluasi anggaran keuangan sebelumnya, yakni untuk mengukur kemampuan finansial Anda. Lalu, cari tahu juga konsekuensi jika misalnya di kemudian hari Anda terlambat membayarkan premi. Pasalnya, kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan, bukan? Cari tahu jumlah denda yang harus dibayar dan bagaimana ketentuannya.

  • Ketentuan klaim asuransi

Umumnya, premi yang sudah Anda bayarkan untuk asuransi pendidikan tidak bisa dicairkan hingga jangka waktu tertentu yang telah disepakati sebelumnya. Jika sudah mencapai jangka waktu yang ditentukan, cari tahu ketentuan pencairan klaim tersebut. Misalnya, berapa lama prosesnya, siapa yang boleh melakukan klaim, dan sebagainya. 

Itulah beberapa hal penting yang wajib Anda perhatikan sebelum memilih asuransi pendidikan yang baik untuk anak. Jangan terburu-buru mengambil keputusan, luangkan waktu untuk melakukan riset dan banyaklah bertanya kepada keluarga atau teman yang sudah pernah menggunakan asuransi pendidikan. Sequis bisa menjadi alternatif yang dapat Anda pertimbangkan karena Sequis juga memiliki produk asuransi pendidikan. Untuk lebih jelasnya, segera hubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com. Hidup akan selalu punya kejutan, Plan The Unplanned with Sequis!
 

Butuh bantuan ?