Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Masalah yang Bisa Timbul Bila Tidak Punya Rencana Keuangan

7 Desember 2022



Perlu rencana yang baik bila ingin berhasil. Tanpa ada rencana yang jelas, persentase kegagalan akan membesar.  Hal itu juga berlaku untuk urusan keuangan. Bila memimpikan kondisi hidup yang merdeka finansial, Anda harus menyiapkan rencana keuangan yang matang dan menjalankannya dengan tertib.

Nah, kegagalan atau masalah apa yang dapat timbul jika Anda tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik?

1.    Banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi
Rencana keuangan berisi susunan anggaran pengeluaran setiap bulan dan jangka panjang. Dengan rencana ini, Anda akan memiliki patokan pengeluaran. Tanpa rencana keuangan, Anda berpotensi belanja dengan boros dan tanpa arahan. Alhasil, akan ada kebutuhan-kebutuhan yang tidak terpenuhi.

2.    Hidup diliputi kekhawatiran
Rasa khawatir akan muncul karena Anda tidak bisa membayangkan bagaimana rencana masa depan. Misal, rencana beli rumah, menyekolahkan anak, hingga pensiun. Ingat, masa depan memang tidak dapat diprediksi. Namun dapat direncanakan.

Baca Juga
Pilihan Tepat Instrumen Investasi yang Aman untuk Pemula
Ada Resesi, Percaya Diri Ambil KPR Bila Punya Asuransi Jiwa
Problem Finansial yang Harus Dibahas dengan Pasangan
Apa yang Harus Disiapkan Bila Indonesia Kena Resesi 2023?
Pilihan Investasi Jangka Pendek yang Layak Dicoba pada 2022

3.    Terlilit utang dan cicilan
Utang muncul karena beberapa sebab. Salah satunya karena tidak memiliki perencanaan keuangan yang baik sehingga Anda tidak memiliki dana saat ada kebutuhan mendesak.

4.    Sulit mewujudkan impian
Anda tentu memiliki impian-impian untuk masa depan. Misal, membeli rumah yang lebih besar, memiliki mobil, ataupun berlibur ke luar negeri bersama dengan keluarga. Semua itu bisa diraih dengan mengelola uang secara baik. Bisa dengan menabung ataupun berinvestasi.

5.    Tidak memiliki dana darurat
Merencanakan keuangan yang baik salah satunya adalah dengan menyiapkan dana darurat. Tanpa ada dana darurat, Anda akan kesulitan bila terjadi hal tidak terduga. Jalan yang biasanya ditempuh adalah utang ada menggunakan dana dari pos lain.

Tidak ingin mengalami kesulitan ekonomi pada masa depan? Yuk jangan menunda untuk membuat rencana keuangan dari sekarang! Cari tahu instrumen keuangan yang bisa diandalkan untuk membantu mengelola keuangan Anda.

Butuh bantuan ?