Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengantuk Usai Makan Siang? Siasati dengan 6 Tips Ini

9 Januari 2023



Pernah merasa mengantuk usai makan siang? Tenang, menurut Medical News Today, Anda tidak perlu merasa khawatir selama rasa kantuk yang muncul setelah makan siang tidak terjadi setiap hari. Sebab, rasa kantuk seperti itu merupakan proses biologis yang wajar karena adanya hasil kerja sistem pencernaan usai mendapat asupan makanan dalam jumlah yang banyak.

Meski begitu, mengantuk yang kadang muncul usai makan siang perlu diatasi agar tubuh bisa kembali segar guna menjalani aktivitas hingga sore dan malam hari. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan:

1. Mengatur asupan makanan
Makan siang terlalu banyak menjadi salah satu penyebab rasa mengantuk muncul. Oleh karena itu, usahakan makan siang dalam porsi yang wajar. Agar tidak merasa terlalu lapar pada siang hari, silakan mengonsumsi camilan sehat seperti buah atau kacang-kacangan saat sarapan dan beberapa jam sebelum makan siang.

2. Power nap
Rasa kantuk pada siang hari sebaiknya tidak 'dilawan'. Bila memang memungkinkan, silakan melakukan power nap atau tidur siang singkat namun berkualitas selama 15-30 menit.

Baca Juga
Hindari Kecelakaan, Ini Tips Aman Mengemudi di Jalan Tol
Jenis Olahraga Pagi yang Efektif Menurunkan Berat Badan
Akibat Kurang Tidur dan Begadang yang Perlu Diketahui
Viral Perempuan Stroke Akibat Sering Begadang, Kok Bisa?
Hobi Begadang Rentan Picu Diabetes dan Penyakit Jantung

3. Atur pencahayaan
Pencahayaan yang redup menjadi salah satu penyebab rasa kantuk datang pada siang hari. Untuk menyiasatinya, silakan ke luar kantor selama beberapa menit agar tubuh mendapatkan paparan cahaya matahari atau mengkondisikan ruang kerja Anda penuh cahaya terang. Pencahayaan terang akan memberikan energi untuk tubuh sehingga rasa kantuk akan hilang.

4. Memperbaiki kualitas tidur malam
Mengantuk saat siang hari bisa diakibatkan oleh tidur malam yang kurang berkualitas. Jadi, usahakan tubuh Anda beristirahat selama 7-8 jam saat malam hari. Tidur malam yang cukup dan berkualitas bakal meningkatkan fokus Anda sepanjang hari.

5. Perhatikan jam makan malam
Hindari makan malam mendekati waktu tidur. Hindari pula makan malam dengan porsi yang terlalu banyak. Menurut sejumlah jurnal kesehatan, makan malam mendekati waktu istirahat bisa menurunkan kualitas tidur sehingga tubuh akan terasa sangat lelah ketika bangun.

6. Rajin olahraga dan minum air putih
Berolahraga berguna untuk menyeimbangkan gula darah dan energi. Alhasil, tubuh akan terasa lebih bugar pada siang hari. Jogging, berjalan kaki, serta yoga selama 10-30 menit setiap hari dianjurkan agar tubuh jadi lebih bugar dan segar sehingga rasa kantuk saat siang bisa hilang. Selain itu, usahakan untuk mengonsumsi air putih dalam porsi yang cukup. Sebab, mengantuk adalah salah satu sinyal yang muncul ketika tubuh kekurangan cairan.

Rasa kantuk yang muncul pada siang hari dan tidak terjadi setiap hari dapat ditangani dengan beberapa tips tersebut. Namun, Anda patut waspada bila mengantuk sering terjadi, tidak hanya muncul pada siang hari, dan disertai rasa lelah atau kehilangan energi. Ada kemungkinan, itu menjadi pertanda awal diabetes.

Menurut Medical News Today, tanda-tanda awal diabetes yang disebabkan oleh gejala-gejala tersebut terjadi karena produksi glukosa terhambat. Sel-sel makanan dari glukosa yang harusnya didistribusikan ke semua sel tubuh untuk membuat energi tidak menjalani tugas secara semestinya. Lantaran sel energi tidak mendapat asupan, tubuh akan merasa cepat lelah dan muncul rasa mengantuk yang tak tertahankan.

Bila sudah begini, ada baiknya mulai pola hidup sehat, konsultasi ke dokter, dan memproteksi diri dengan asuransi kesehatan. Terutama asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan atas penyakit diabetes.

Anda bisa mempertimbangkan memiliki produk asuransi Sequis, yakni Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider atau Sequis Q Infinite MedCare Rider. Keduanya memiliki manfaat yang bisa diandalkan. Bila memiliki Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider, Tertanggung akan mendapatkan Uang Pertanggungan (UP) sesuai ketentuan polis bila terjadi komplikasi akibat diabetes yang diderita. Produk ini memberikan penggantian pendapatan bila Tertanggung tidak bisa kembali bekerja karena penyakit komplikasi diabetes.

Selain itu, produk ini juga menanggung biaya yang tidak di-cover oleh asuransi kesehatan. Sequis Q Early Payout Critical Illness Plus Rider juga memberikan manfaat sebesar 170% Uang Pertanggungan, dengan pembayaran total manfaat utama 100% ditambah dengan manfaat tambahan 70%.

Manfaat yang diberikan Sequis Q Infinite MedCare Rider tak kalah bagus. Produk ini akan menanggung biaya perawatan penyakit yang dialami Tertanggung hingga Rp90 miliar per tahun. Hebatnya lagi, produk ini menawarkan sistem pembayaran nontunai (cashless) di lebih dari 500 rumah sakit rekanan di seluruh dunia. Jadi bila mendadak sakit, Tertanggung dan keluarga tidak harus menyiapkan uang terlebih dahulu karena biaya rumah sakit bakal ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Butuh bantuan ?