Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mengenal Sindrom Ramsay Hunt yang Diderita Justin Bieber

16 Agustus 2022


Gejala yang paling umum dari sindrom Ramsay Hunt adalah ruam yang menyakitkan, kelumpuhan wajah, dan gangguan pendengaran di telinga (foto: dok Kumparan)


Penyakit ramsay hunt syndrome atau sindrom ramsay hunt mendadak menjadi buah bibir. Ini terjadi usai penyanyi asal Amerika Serikat, Justin Biber membuat geger media sosial usai dinyatakan sedang berjuang untuk sembuh dari penyakit tersebut.

Bila ditelisik secara medis, sindrom ramsay Hunt adalah kondisi neurologis langka yang menyebabkan ruam parah dan kelumpuhan wajah. Ini dianggap sebagai komplikasi dari virus varicella zoster (VZV), yang merupakan virus yang sama yang menyebabkan cacar air dan herpes zoster. 

Baca Juga
Sindrom Ramsay Hunt, Ada Asuransi Kesehatan yang Proteksi?
Asuransi Penyakit Kritis Cover Penyakit Kritis PascaCovid-19
Berapa Biaya untuk Perawatan Penyakit Kritis?
Penyakit Berbahaya Akibat Kadar Koleksterol LDL Tinggi
Ciri Ada Masalah di Ginjal yang Pantang Disepelekan

Gangguan ini kadang-kadang disebut herpes zoster oticus atau neuralgia geniculate karena terjadi ketika virus varicella zoster menginfeksi saraf wajah di dekat salah satu telinga. Secara garis besar, sindrom ramsay hunt terjadi ketika wabah herpes zoster atau virus cacar air memengaruhi saraf wajah di dekat saluran telinga.

Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang untuk terkena sindrom ramsay hunt sindrom yaitu: 
1. Orang yang pernah menderita cacar air atau cacar api. 
2. Lansia yang berusia di atas 60 tahun
3. Orang yang belum mendapat vaksin cacar air 
4. Orang dengan kekebalan tubuh yang lemah

Gejala yang paling umum dari sindrom Ramsay Hunt adalah ruam yang menyakitkan, kelumpuhan wajah, dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena. Hal ini juga dapat menyebabkan perubahan rasa, sakit telinga (otalgia), tinitus, mata kering, mual, dan vertigo.

Oleh sebab itu, sebaiknya segera minta pertolongan medis atau periksa ke dokter bila mengalami gejala-gejala tersebut. Sebab, ruam herpes dan kelumpuhan wajah bisa menimbulkan komplikasi jangka panjang yang lebih parah bila tidak ditangani secara serius.

Beberapa komplikasi jangka panjang yang biasanya muncul di antaranya:
1. Kehilangan fungsi pendengaran permanen
2. Kelumpuhan wajah permanen
3. Kerusakan mata yang membuat seseorang sulit menutup kelopak mata

Lindungi Diri dari Penyakit Kritis
Ramsay hunt syndrome atau sindrom ramsay hunt menjadi salah satu penyakit kritis yang bisa menyerang siapa saja. Oleh karena itu, ada baiknya masyarakat melakukan tindakan preventif sebelum penyakit-penyakit berbahaya itu menyerang.

Salah satu tindakan preventif yang berkaitan dengan kesehatan adalah dengan memiliki asuransi kesehatan. Terutama asuransi penyakit kritis. Dengan begitu, masyarakat bisa tetap tetap tenang walau penyakit kritis menyerang karena bakal mendapatkan penanganan secara optimal di rumah sakit. Selain itu, adanya asuransi kesehatan membuat masyarakat tak perlu risau dengan biaya rumah sakit lantaran sudah ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Dari beragam asuransi penyakit kritis yang ada pada saat ini, produk Sequis System and Organ Function Insurance (SOFI) patut Anda pertimbangkan. Sebab, SOFI memberikan perlindungan komprehensif atas risiko penyakit kritis termasuk untuk penyakit-penyakit baru yang belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, SOFI juga memberikan tambahan dana untuk memaksimalkan manfaat asuransi kesehatan Anda.

Keunggulan SOFI:
1. Melindungi risiko Penyakit Kritis dan Kegagalan Sistem & Fungsi Organ
2. Premi tetap serta jaminan premi kembali hingga 150%
3. Melindungi risiko penyakit kritis yang belum pernah ada
4. Pilihan fleksibel untuk tiga generasi

Silakan klik berikut ini: SOFI untuk informasi lebih lengkap mengenai beragam manfaat dan keunggulan SOFI.  Anda juga bisa menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com

Butuh bantuan ?