Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Ciri Ada Masalah di Ginjal yang Pantang Disepelekan

1 Agustus 2022


Ilustrasi ginjal (foto dok cnn)


Penyakit ginjal kadang telat teridentifikasi. Di beberapa kasus, pasien tak mengetahui gejala atau ciri-ciri punya potensi menderita penyakit ginjal hingga akhirnya masalah ginjal sudah masuk ke dalam tahap kronis.

Lalu, apa saja ciri-ciri atau tanda yang biasanya muncul ketika seseorang berpotensi mengalami masalah ginjal? Berikut ini beberapa di antaranya seperti yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Kulit sangat kering
Kulit yang berangsur-angsur mengering, kasar, dan bersisik pantang disepelekan. Sebab, itu bisa menjadi pertanda seseorang mengalami masalah ginjal. Kulit menjadi kering dan cenderung gatal disebabkan adanya gangguan di ginjal yang tak mampu menjaga jumlah mineral dalam darah tetap normal serta tak mampu menghilangkan limbah serta cairan berlebih di dalam tubuh.

2. Perubahan warna di kulit
Kegagalan ginjal bekerja secara maksimal membuat racun menumpuk di tubuh. Alhasil, terjadi perubahan warna kulit. Dalam beberapa kasus, penderita masalah ginjal bakal memiliki kulit yang pucat, keabuan, hingga kekuningan.

Baca Juga
Melindungi Diri dan Tindakan Pencegahan Serangan Jantung
Sindrom Ramsay Hunt, Ada Asuransi Kesehatan yang Proteksi?
Menyiasati Penularan Hepatitis Akut yang Mulai Meresahkan
Viral Perempuan Stroke Akibat Sering Begadang, Kok Bisa?

3. Sering anemia
Ginjal yang sehat bakal menghasilkan Hormon Erythropoitin yang tugasnya memberi sinyal agar tubuh memproduksi sel darah merah. Nah, hormon tersebut akan berkurang dan sel darah merah juga tidak maksimal ketika ginjal bermasalah. Akibatnya, tubuh mengalami anemia yang akhirnya seseorang mudah lelah serta lesu.

4. Mudah pusing
Banyak orang menganggap kepala pusing disebabkan oleh stres atau terlalu lama bekerja yang menyebabkan jam tidur menjadi berkurang. Padahal sebetulnya, seseorang yang mudah sering dan kesulitan konsentrasi bisa disebabkan oleh adanya masalah di ginjal. Dalam praktiknya, penurunan fungsi ginjal membuat oksigen ke otak tidak terpenuhi dengan baik. Alhasil, rasa pusing jadi mudah muncul dan membuat seseorang kesulitan untuk berkonsentrasi.

Baca Juga
Butuh Asuransi Penyakit Kritis Terbaik? Cek Rekomendasi Ini
Akibat Kurang Tidur dan Begadang yang Perlu Diketahui
Makan Berlebihan, Self Love Berujung Efek Negatif Buat Tubuh
Waspada Kanker di Tengah Penyebaran Virus Berbahaya
Solusi Menyikapi Kualitas Udara Jakarta yang Buruk

5. Ruam
Ketidakmampuan ginjal membuang limbah dari tubuh membuat ruam bermunculan. Selain itu, ruam tersebut juga bakal terasa gatal bila penyakit ginjal sudah masuk ke stadium akhir.

Butuh bantuan ?