Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Mulai Lepas Masker? Yuk Perhatikan Kebersihan Mulut

8 Maret 2023



Kebijakan menggunakan masker mulai dilonggarkan. Seiring penurunan penyebaran virus covid-19, masyarakat sudah dibolehkan melepas masker ketika berada di ruang terbuka atau ruang publik yang tidak penuh kerumunan.

Situasi ini tentunya disambut antusias oleh masyarakat. Sebab, sebagian dari mereka sudah merasa jengah dan pengap atau kesulitan bernapas ketika harus menggunakan masker saat beraktivitas.

Di tengah euforia melepas masker, memerhatikan kebersihan mulut adalah hal utama. Sebab, bau mulut bakal menjadi 'bencana' ketika Anda berbicara dengan orang lain tanpa ada filter dari masker.

Baca Juga
Bahaya Limbah Medis, Ini Cara Membuang Masker
Kenapa di Dalam Ruangan Masih Harus Pakai Masker?
Tips Lepas Masker di Ruang Terbuka pada Masa Endemi Covid-19
Apa yang Membuat Varian Baru Virus Covid-19 Terus Muncul?
Tips Menghindari Penularan Omicron Saat WFO

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar mulut tetap bersih dan tak menimbulkan bau ketika berbicara dengan orang lain tanpa menggunakan masker.   

1. Tidak Mengonsumsi Kafein
Menghindari minuman berkafein seperti kopi, teh, dan soda adalah langkah bijak agar tidak bau mulut. Sebab, minuman berkafein bakal merangsang tubuh mengeluarkan cairan lebih banyak. Alhasil, seseorang jadi rentan dehidrasi serta mulut kering. Bagi sebagian orang, kafein juga akan membuat asam lambang naik. Nah bila ini sudah terjadi, kadar keasaman di mulut juga meningkat serta diiringi pertambahan bakteri biang bau mulut

2. Perhatikan Kebersihan Gigi dan Mulut
Usahakan menggosok gigi usai makan pagi. Jangan lupa pula bersihkan lidah agar bakteri penyebab bau mulut tidak berkembang. Bila perlu, bersihkan sela-sela gigi dengan benang khusus. Dengan begitu, tidak ada makanan yang tersisa di sela-sela gigi yang berpotensi menyebabkan bau mulut.

3. Berhenti Merokok
Merokok bisa meningkatkan kadar keasaman di mulut sehingga memicu bau mulut. Potensi bau mulut makin besar terjadi bila para perokok tidak rajin menggosok gigi. Jadi, ada baiknya mulai mengurangi konsumsi rokok atau kalau perlu mulai tumbuhkan niat untuk berhenti merokok.

Butuh bantuan ?