Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Tips Lepas Masker di Ruang Terbuka pada Masa Endemi Covid-19

16 Januari 2023


Publik dihebohkan dengan Corona Depok. Ketahui fakta dan cara meminimalkan penyebaran virus Corona


Pemerintah melalui Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan kebijakan baru terkait penggunaan masker. Menurut Jokowi, penurunan angka penularan virus covid-19 membuat masyarakat diperbolehkan melepas masker bila sedang di ruang terbuka.

Baca Juga
Hal yang Perlu Diketahui Tentang Covid-19 Varian Omicron
Bukan untuk Pamer di Medsos, Kenali Jenis Gangguan Mental
Covid-19 Omicron Masuk Indonesia, Asuransi Makin Diminati

Kebijakan ini tentunya disikapi positif oleh sebagian masyarakat. Terutama bagi mereka yang tidak terbiasa menggunakan masker ketika berada di tempat umum. Bagaimana dengan Anda? Apakah sudah ada niatan melepas masker bila sedang berada di ruang terbuka? Bila berencana demikian, sebaiknya mengikuti tips-tips berikut ini:

1. Lepas masker saat kondisi sepi
Sesuai anjuran Jokowi, melepas masker sebaiknya dilakukan di ruang terbuka yang tidak padat orang seperti di taman atau sarana olahraga ruang terbuka. Namun, anjuran ini tidak berlaku untuk kelompok masyarakat yang rentan tertular virus seperti penderita penyakit komorbid serta lansia. Kelompok tersebut dianjurkan untuk tetap menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

2. Vaksinasi lengkap
Masyarakat diharapkan sudah mendapatkan vaksinasi covid-19 dan vaksin booster sebelum memberanikan diri lepas masker ketika di ruang terbuka. Dengan vaksinasi lengkap, kekebalan tubuh seseorang diharapkan bisa meningkat sehingga tidak rentan terserang virus covid-19.

Baca Juga
Omicron Tiba, Yuk Lindungi Diri dan Rutin Konsumsi Vitamin C
Sudah WFO? Benarkah Covid-19 Mudah Menyebar di Ruangan AC?
Di PHK saat Pandemi Covid-19? Yuk Atur Ulang Keuangan
Lakukan Hal Ini Agar Virus Covid-19 Tak Muncul saat WFO

3. Tetap jaga jarak
Melepas masker di ruang terbuka sebaiknya dilakukan ketika tidak berdekatan dengan orang lain. Jadi bila sedang bersama orang lain ketika olahraga di taman atau di sarana olahraga, sebaiknya lepas masker sambil tetap jaga jarak minimal 1 meter.

4. Tetap pakai masker bila sedang sakit
Ketahui kondisi kesehatan Anda sebelum memutuskan melepas masker di ruang terbuka. Itu menjadi kunci agar penularan virus tidak terjadi. Bila merasa sedang kurang fit, sebaiknya tahan diri Anda untuk keluar rumah. Bila memang ingin berolahraga ringan dan 'menghirup udara segar', usahakan untuk tetap menggunakan masker walau berada di ruang terbuka.

Butuh bantuan ?