Sequis: Asuransi Jiwa | Asuransi Kesehatan | Investasi di Indonesia - Sequis - Your Better Tomorrow

Penanganan Pertama saat Vertigo sebelum Periksa ke Dokter

7 Maret 2023



Vertigo menjadi salah satu penyakit yang 'nge-hits' sepanjang 2022. Itu terlihat dari banyaknya anak muda dan dewasa yang membagikan pengalaman menderita vertigo ke sejumlah media sosial.

Sebagai informasi, vertigo adalah sensasi berputar dan pusing walau tubuh tidak melakukan gerakan. Biasanya, vertigo akan diiringi rasa mual, keringat dingin, dan keinginan untuk muntah. Dalam beberapa kasus, vertigo bisa berlangsung lama dan kambuhan.

Baca Juga
Mengenali Gejala dan Penyebab Penyakit Vertigo
Memahami Penyakit Vertigo yang Mulai Dialami Anak Muda

Menurut beberapa sumber, vertigo adalah gejala dari penyakit/kondisi medis tertentu, seperti gejala awal stroke, cedera kepala atau leher, dan penyakit meniere.

Dibawa ke rumah sakit dan diperiksa oleh dokter adalah cara terbaik untuk menanggulangi penyakit vertigo. Namun sebagai langkah awal, jurnal kesehatan Everyday Health menyarankan agar penderita vertigo melakukan beberapa hal berikut ini di rumah agar sensasi vertigo bisa mereda atau hilang sebelum memeriksakan diri ke dokter di rumah sakit.

1. Manuver Epley
- Mulailah dengan duduk tegak di tempat tidur dengan bantal di belakang. Putar kepala Anda 45 derajat ke sisi kanan
- Berbaring telentang dengan kepala masih menoleh. Tahan posisi ini selama 30 detik
- Perlahan putar kepala Anda 90 derajat dari kanan ke kiri tanpa mengangkat leher selama 30 detik
- Putar seluruh tubuh Anda dan kepala 90 derajat lagi dari kanan ke sisi kiri dan tunggu selama 30 detik. - Perlahan duduk
- Ulangi langkah ini bila diperlukan, hingga 3 kali di sisi yang bermasalah

2. Manuver Semont
- Mulai dengan duduk di tepi tempat tidur Anda
- Putar kepala Anda 45 derajat ke kanan dan cepat berbaring miring ke kiri. Tahan posisi ini selama 1 menit
- Ubah posisi Anda dengan cepat untuk berbaring miring ke kanan tanpa mengubah orientasi kepala Anda (jadi sekarang Anda melihat ke bawah secara diagonal ke arah lantai). Tahan posisi ini selama 1 menit
Perlahan kembali duduk di tepi tempat tidur Anda dan pertahankan posisi kepala Anda selama 10 menit.

3. Teknik Brandt Daroff
- Mulailah dengan duduk tegak di tepi tempat tidur. - Putar kepala Anda 45 derajat ke kiri, lalu berbaring miring ke kanan. Tahan posisi ini selama 30 detik atau sampai pusing hilang
- Duduk dan putar kepala Anda kembali ke tengah. Putar kepala Anda 45 derajat ke sisi kanan dan kemudian berbaring di sisi kiri Anda. Tahan posisi ini selama 30 detik atau sampai pusing hilang
- Duduk dan putar kepala Anda kembali ke tengah.

Selain cara teknis tersebut, mengobati vertigo bisa dilakukan dengan mengubah kebiasaan makan. Beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi oleh para penderita vertigo adalah: daging asap, yoghurt, cokelat, kacang tanah, hati ayam, anggur merah.

Setelah terbiasa mengonsumsi makanan sehat, penderita vertigo juga wajib olahraga, yoga, tidur yang cukup, menghindari alkohol, dan menjaga tubuh tetap terhidrasi dengan mengonsumsi air putih sebanyak 8 gelas (berukuran 230 ml) atau total 2 liter per hari.

Proteksi diri dengan asuransi
Vertigo pantang untuk disepelekan karena bisa berujung ke penyakit kritis seperti stroke. Menjalani gaya hidup sehat adalah cara terbaik yang bisa dilakukan agar kita bisa terhindar penyakit kritis. Selain itu, melindungi diri dengan memiliki asuransi penyakit kritis patut dipertimbangkan. Dengan memiliki asuransi tersebut, masyarakat memiliki peluang untuk melawan penyakit kritis karena berkesempatan mendapatkan perawatan intensif, optimal, dan di rumah sakit terbaik.

Baca Juga
Apa itu Cacar Monyet dan Bagaimana Cara Menanggulanginya?
Mengenal Sindrom Ramsay Hunt yang Diderita Justin Bieber
Waspada Kanker di Tengah Penyebaran Virus Berbahaya
Syarat Klaim Asuransi di Tengah Serbuan Penyakit Berbahaya
Menyikapi Kemunculan Flu Singapura yang Mulai Menular

Berkat asuransi penyakit kritis pula, pasien dan keluarga tidak perlu dipusingkan dengan urusan biaya.  Jadi penderita bisa fokus berjuang pulih dari penyakit kritis dan keluarga tak perlu kelimpungan mencari dana tambahan guna membayar biaya perawatan yang sangat mahal.

Dari beragam asuransi penyakit kritis yang ada pada saat ini, produk Sequis System and Organ Function Insurance (SOFI) patut Anda miliki. Salah satu produk unggulan Sequis ini memberikan perlindungan komprehensif atas risiko penyakit kritis termasuk untuk penyakit-penyakit baru yang belum pernah ada sebelumnya. Selain itu, SOFI juga memberikan tambahan dana untuk memaksimalkan manfaat asuransi kesehatan Anda.

Beragam manfaat tersebut menjadi sebuah nilai plus yang patut diapresiasi dan dipertimbangkan oleh calon nasabah. Patut diketahui, keberadaan SOFI membuat Sequis menjadi perusahaan asuransi pelopor yang memberikan manfaat komprehensif di asuransi penyakit kritis dan belum ada di produk serupa lainnya di pasaran.

Bila tertarik dengan produk asuransi penyakit kritis tersebut, silakan berkonsultasi dengan agen asuransi terbaik Sequis secara online via Find Agent dengan klik tautan berikut ini FIND AGENT. Anda juga bisa klik link berikut ini: SOFI untuk informasi lebih lengkap mengenai beragam manfaat dan keunggulan SOFI.

Butuh bantuan ?