Rekomendasi Investasi dengan Modal di Bawah Rp10 Juta

3 Januari 2022



Investasi adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan keuangan. Bisa ditujukan untuk membeli rumah, biaya menikah, pergi haji, atau sekadar menyiapkan dana liburan.

Investasi bisa dilakukan dalam dua cara, yakni investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Memilih jangka waktu ini harus disesuaikan dengan tujuan keuangan yang ingin diwujudkan.

Terlepas dari tujuan yang ingin dicapai, investasi sebetulnya bisa dilakukan dengan modal berapapun yang Anda punya. Jadi, tak perlu menunggu memiliki uang hingga ratusan juta Rupiah untuk memulainya.
Mau tahu investasi untuk pemula yang bisa dilakukan dengan modal di bawah Rp10 juta? Yuk simak ulasan beriktu ini:

1. Investasi Emas
Investasi emas menjadi salah satu produk investasi favorit banyak orang. Menjadi favorit karena bisa dimulai dengan modal kecil namun memberikan imbal yang lumayan menguntungkan. 

Anda bisa investasi emas dalam bentuk emas perhiasan, emas batangan, logam mulia. Proses pembeliannya dapat dilakukan secara offline maupun online. Nah hingga akhir 2021, harga emas logam mulia Antam berada di kisaran Rp 900 ribuan per gram. Bila ingin pembelian secara online, Anda bisa membeli emas di e-commerce dengan modal kurang dari Rp50 ribu.

Baca Juga
Bagaimana Membuat Rencana Keuangan dengan Gaji UMP?
Fresh graduate Sudah Menyiapkan Dana Pensiun, Kenapa Enggak?
Tips Alokasi Uang Agar Agar Gaji Gak Ghosting
Kombinasi Dana untuk Self Love dan Investasi Jangka Panjang
Panduan untuk Memulai Investasi Jangka Panjang di Usia Muda

 

2. Investasi obligasi pemerintah
Investasi obligasi atau surat utang bisa dilakukan dengan modal kurang dari Rp10 juta. Khususnya obligasi pemerintah, seperti ORI, SBR, Sukuk Ritel, Sukuk Tabungan, dan lainnya.

Sekarang surat utang pemerintah dijual secara online melalui e-SBN. Keuntungan investasi obligasi pemerintah, yaitu pokok dan kupon (return) dijamin negara sehingga tidak ada risiko gagal bayar. Minim risiko, cocok buat investasi pemula. 

3. Investasi P2P Lending
Investasi P2P lending adalah investasi atau pendanaan di platform fintech peer to peer lending atau yang dikenal aplikasi pinjaman online. Sederhananya, investor yang melakukan pendanaan disebut lender. Lalu, dana dari investor pemodal disalurkan kepada peminjam yang membutuhkan. Peminjam yang terdaftar di sini sudah melalui proses verifikasi yang dilakukan perusahaan P2P Lending ini sebelumnya sehingga dari sisi risiko lebih rendah.

4. Investasi saham
Investasi saham adalah kegiatan penanaman modal berupa pembelian saham (surat berharga) perusahaan. Investasi saham online cukup digemari oleh para investor saham pada saat ini. Modal atau setoran awal investasi saham berbeda setiap sekuritas. Namun, ada yang menawarkan modal investasi saham mulai dari Rp100 ribu. Memperoleh dividen keuntungan dari capital gain menjadi beberapa keuntungan yang bisa didapat dari berinvestasi saham 

5. Investasi reksa dana
Investasi reksa dana dapat dilakukan dengan modal di bawah Rp10 juta. Bahkan, investasi reksa dana sudah bisa dimulai dengan modal Rp100 ribu.

Ada berbagai macam investasi reksa dana yang dapat Anda pilih, di antaranya reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan reksa dana saham. Masing-masing memiliki tingkat risiko dan imbal hasil yang berbeda. Investasi reksa dana sangat cocok untuk pemula. Sebab pengelolaan dana dari investor diserahkan kepada Manajer Investasi (MI).

Butuh bantuan ?