Investasi Reksa Dana, Tahan Banting Selama Pandemi Covid-19

23 Juli 2021



Pandemi covid-19 sudah berlangsung 1,5 tahun. Di tengah situasi ini, kondisi pasar saham di Indonesia turut melemah. Bahkan pada awal 2020, Indeks Harga Saham Gabungan sempat menyentuh angka di kisaran 3.000.

Meski begitu, tidak semua investasi berkinerja buruk selama pandemi covid-19. Menurut Kompas.com, investasi reksa dana pasar uang memiliki kinerja baik walau kondisi ekonomi negara sedang terpuruk imbas penyebaran virus yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, Tiongkok tersebut.

Baca Juga
Mana yang Lebih Cuan, Investasi Reksa Dana atau Emas?
Memilih Investasi Reksa Dana Agar Sesuai Tujuan Investasi
Tips Memilih Manajer Investasi Reksa Dana yang Diandalkan
Populer saat Pandemi, Ini Tips Investasi Reksa Dana
Sedang Naik Daun, Pilih Kripto atau Investasi Reksa Dana
5 Alasan Investasi Reksa Dana Cocok untuk Anak Muda

Minim Risiko

Selain berkinerja baik, investasi reksa dana pasar uang dinilai lebih aman dibanding investasi lainnya. Ini karena modal Anda akan dikelola oleh Manajer Investasi (MI) ke instrumen yang beragam termasuk ke yang terbilang stabil seperti deposito dan surat utang jangka pendek.

Stabilitas bukan satu-satunya kelebihan investasi reksa dana. Instrumen investasi ini bersifat likuid atau mudah dicairkan. Sebuah nilai positif di tengah ketidakpastian ekonomi imbas pandemi. Jadi, investasi ini cocok dilakukan oleh masyarakat untuk dijadikan sebagai tabungan dan dana darurat.

Investasi reksa dana pasar uang juga sangat terjangkau. Investasi reksa dana cocok untuk berbagai kalangan karena bisa  dimiliki dengan modal Rp100.000. Ini harga yang jauh lebih rendah ketimbang Anda berinvestasi emas atau properti. Selain nilai investasi terjangkau, investasi reksa dana juga memiliki tingkat pengembalian yang menarik. 

Nantinya, dana yang disetorkan akan dikelola oleh MI sehingga Anda tidak perlu ikut mengamati dan menganalisis pasar saham yang rumit. MI yang mengelola investasi reksa dana Anda telah tersertifikasi dan mendapatkan izin di bawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Keuntungan lain investasi reksa dana adalah transparansi. Dengan begitu, Anda bisa memantaunya secara online. MI juga akan memberikan informasi nilai aktiva bersih setiap hari di surat kabar dan memberikan laporan keuangan setiap bulan secara teratur. 

Tertarik investasi reksa dana? Untuk lebih mengetahui investasi reksa dana, Anda dapat mengakses informasinya di www.sequisam.co.id atau email ke cara@sequisam.co.id. Pada website Anda dapat menemukan berbagai bentuk reksa dana yang bisa Anda pilih sesuai dengan profil risiko dan dana investasi Anda. 

Butuh bantuan ?