Manfaatkan Investasi Reksa Dana untuk Bekal Hari Tua


Kebahagiaan dan ketenangan pasca pensiun hanya dapat dinikmati bila Anda memiliki cukup uang atau dana pensiun


Mengelola keuangan melalui investasi sudah mulai menarik perhatian masyarakat. Terutama selama era pandemik covid-19. Salah satu instrumen yang baru-baru ini banyak diminati adalah investasi reksa dana. Produk ini dinilai aman, mudah, dan murah. Dengan kelebihan yang dimilikinya tersebut, banyak investor terutama anak muda tidak merasa takut untuk terjun dalam dunia permodalan yang selama ini terkesan menakutkan. 

Reksa dana ada banyak pilihan. Namun yang berkembang pesat di Indonesia ada 4 macam, yaitu: Reksa dana pasar uang, campuran, pendapatan tetap, dan saham. Di antara investasi reksa dana tersebut, ada yang cocok digunakan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang, menengah dan pendek. Kali ini, khusus membahas manfaat reksa dana tipe jangka panjang untuk menyiapkan tabungan pada masa tua. 

Masa Pensiun 
Setiap orang tentu tidak akan selamanya bekerja seumur hidup bukan? Akan ada masanya fisik Anda melemah dan produktivitas kerja pun turut menurun. Pada masa tersebut, sepatutnya Anda sudah tidak disibukkan dengan urusan bisnis maupun pekerjaan. Justru sudah beristirahat dan menghabiskan waktu untuk bersenang-senang bersama dengan keluarga tercinta, dan menikmati waktu dengan bersantai dan melakukan hobi-hobi yang bermanfaat. Hal-hal yang selama masih muda terlewatkan karena kesibukan. 

Kebahagiaan dan ketenangan pasca pensiun hanya dapat dinikmati bila Anda memiliki cukup uang atau dana pensiun. Tabungan ini dapat diperoleh dengan berbagai cara, di antaranya mengikuti program dana pensiun dari kantor, mendaftar asuransi dana pensiun, dan melakukan investasi jangka panjang.

Baca Juga
Mengenal Reksa Dana
5 Keunggulan Investasi Reksa Dana
Langkah Mudah dalam Melakukan Investasi Reksa Dana
Langkah Investasi Reksa Dana yang Harus Dipahami
Potensi Keuntungan Berinvestasi Reksa Dana
 

Bagi Anda yang berprofesi sebagai pengusaha atau freelancer, disarankan untuk menyisihkan pendapatan untuk kebutuhan di hari tua. Sebab, mereka tidak memiliki keistimewaan seperti halnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang akan mendapatkan tunjangan pensiun. Jadi, Anda bisa memanfaatkan produk reksa dana untuk menyiapkan dana pensiun. Reksa dana jenis apa yang cocok untuk kebutuhan Anda ini? 

Menyiapkan Dana Pensiun dengan Bantuan Investasi 
Investasi sangat disarankan untuk mencukupi kebutuhan pada masa depan yang sifatnya jangka panjang. Sebab, investasi adalah jawaban untuk “melawan” inflasi yang menyebabkan kebutuhan hidup pada masa depan bisa naik berkali lipat. 

Kenaikan harga tidak melulu soal keperluan harian. Kenaikan harga juga berlaku untuk biaya pendidikan, kesehatan, properti, hingga transportasi. Oleh karena itu, mumpung masih produktif, segera siapkan dana pensiun dengan bantuan investasi reksa dana. 

Tabungan Reksa Dana Saham untuk Menyiapkan Dana Pensiun 
Di antara semua jenis reksa dana, investasi reksa dana saham dianggap paling pas untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang. Saham memang instrumen investasi yang memiliki risiko paling tinggi. Namun sesuai dengan sifatnya yang high risk high gain, investasi reksa dana saham memiliki kans memberikan keuntungan besar pada masa depan buat investor. Selain itu, nilai plus lainnya adalah investasi reksa dana memberikan kemudahan buat para investor. Apalagi buat wirausahawan yang disibukkan dengan urusan bisnis. Di investasi reksa dana, modal Anda akan dikelola oleh Manajer Investasi. 

Salah satu lembaga penyedia instrumen reksa dana yang dapat dipercaya untuk membantu Anda mendapatkan return investasi adalah Sequis Asset Management. Selain menyediakan produk proteksi yang beragam, Sequis juga merupakan penyedia investasi reksa dana yang dapat diandalkan karena didukung oleh Manajer Investasi (MI) yang profesional. Bila ingin mengetahui tentang jenis investasi reksa dana lebih dalam, Anda dapat menghubungi Sequis Personal assistant di sequis.co.id  atau menghubungi Sequis Care di nomor telepon (62-21) 2994 2929 atau email ke care@sequislife.com.

Butuh bantuan ?