Solusi Cerdas Bagi Generasi Sandwich Sambut Tahun 2022

7 Desember 2021



Kebanyakan mereka yang tergolong dalam generasi sandwich mengalami kesulitan finansial karena harus menopang kebutuhan finansial diri sendiri, keluarga inti, dan orang tuanya.

Generasi sandwich bermula dari kurangnya pengetahuan finansial atau pengelolaan keuangan yang kurang baik dari generasi sebelumnya. Ketika giliran anak mereka yang menjadi tulang punggung, kondisi jadi memprihatinkan karena orang tua tidak memiliki tabungan atau harta yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pensiun. Sementara, anak mereka juga harus membiayai hidupnya dan keluarganya, mereka harus menyiapkan pendidikan anak, cicilan rumah atau kendaraan, dan lain sebagainya.  

Awalnya, generasi sandwich pun punya cita-cita yang tinggi, memiliki mimpi yang hampir bisa diwujudkan, dan punya rencana memenuhi berbagai kebutuhan keluarga. Namun akhirnya semua mimpi dan cita-cita harus dipilah kembali. Ada yang ditunda dan ada yang harus dibatalkan karena tingginya biaya hidup sehari-hari ditambah kebutuhan masa depan yang anggarannya harus disiapkan sejak dini. 

Tidak ada solusi yang bisa membantu generasi sandwich kecuali memperbaiki pengelolaan finansial agar tidak terjebak utang dan mengalami kebangkrutan. Beberapa diantara mereka ada yang banting setir mengganti pekerjaan, ada yang mencari tambahan pekerjaan di luar jam kerja, atau berdagang hingga berinvestasi dengan harapan dapat mengembangkan kekayaannya. 

Baca Juga
Jadi Sandwich Generation? Yuk Siapkan Asuransi Kesehatan
4 Tips Keuangan dari OJK kepada Generasi Sandwich
Memutus Rantai Sandwich Generation dan Pensiun dengan Nyaman
Persoalan Finansial Sandwich Generation dan Solusinya

Semua solusi tersebut tidaklah salah. Hanya saja, berapapun penghasilan yang Anda miliki dan seberapapun tambahan penghasilan Anda nantinya, tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan bila tidak melakukan pengelolaan finansial dengan benar. Belum lagi Anda harus memperhitungkan faktor risiko hidup seperti sakit, kecelakaan, bahkan kematian yang tidak terduga namun bisa terjadi kapan saja.

Mumpung sekarang sudah menjelang akhir tahun, ada baiknya kita mengevaluasi cara kita menggunakan uang dan mengatur pendapatan serta membuat resolusi tahun baru agar kita berkesempatan meraih hari esok yang lebih baik. Percayalah, tidak ada kata terlambat untuk memulai sesuatu yang baik termasuk soal keuangan. 

Siapkan Dana Darurat
Dana darurat adalah sejumlah dana yang disiapkan untuk mengantisipasi kondisi yang tidak diduga dan bisa datang kapan saja. Misalnya: sakit, bencana alam, kecelakaan, kehilangan pekerjaan. Dana darurat berguna untuk membiayai sementara kebutuhan mendadak karena terjadinya risiko tanpa harus berutang. Minimal sisihkan 10% dari penghasilan Anda setiap bulan untuk dana darurat. Jika ada kelebihan dana boleh saja Anda tambahkan ke dalam pos ini.
 

Baca Juga
Mengenal Problem Sandwich Generation & Cara Menghindarinya
Tips Simpel Melindungi Polis Asuransi Agar Tetap Aktif
Kaum Rebahan Ingin Punya Asuransi? Coba Find Agent Sequis
2 Hal yang Bikin Orang Tua Wajib Beli Asuransi Pendidikan
Beli Asuransi Kesehatan sebelum Covid-19 Varian Mu Menyebar

Menabung & Investasi
Peganglah prinsip bahwa kelak Anda tidak mau merepotkan anak dan mengulang kembali terjadinya generasi sandwich. Untuk itu, setiap Anda menerima pendapatan selalu sisihkan untuk tabungan dan investasi. Investasi bertujuan untuk mengatasi inflasi karena tabungan saja tidak cukup. Rubah gaya hidup agar lebih bersahaja dan sederhana sehingga Anda memiliki cukup dana untuk berinvestasi secara konsisten. Jika sudah terbiasa, Anda akan tertantang untuk meningkatkan nilai tabungan dan investasi.

Miliki Asuransi Kesehatan
Asuransi kesehatan idealnya menjadi prioritas dalam resolusi finansial.  Apalagi sejak pandemi, risiko sakit semakin tinggi sehingga asuransi kesehatan menjadi pelindung bagi finansial keluarga saat terjadi risiko sakit atau meninggal dunia. Perusahaan asuransi akan menanggung biaya perawatan medis atau memberikan Uang Pertanggungan jika sampai meninggal dunia sesuai dengan ketentuan masing-masing produk asuransi yang tercantum dalam buku polis. Mumpung sekarang masih awal Desember segera hubungi Sequis Care di (62-21) 2994 2929 atau e-mail: care@sequislife.com agar tahun depan, finansial Anda terlindungi dari risiko-risiko tak terduga tersebut. Anda juga bisa kunjungi www.sequis.co.id untuk mempelajari beragam produk yang ditawarkan Sequis dan sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sequis memiliki rangkaian produk asuransi kesehatan yang dapat dibeli melalui agen asuransi Sequis dan juga melalui kanal digital di superyou.co.id.

Cari Penghasilan Tambahan
Mencari pekerjaan sampingan tidak mudah. Namun, memiliki penghasilan tambahan memungkinkan Anda meningkatkan nilai tabungan dan investasi. Jika memiliki keahlian khusus seperti memasak, tawarkanlah pre order masakan lewat media sosial atau WhatsApp pada sabtu dan minggu. Anda pun bisa memanfaatkan maraknya belanja online dengan menjadi dropshipper dengan menjual berbagai barang milik supplier tanpa harus memiliki stok karena hanya perlu memanfaatkan platform online untuk berjualan.

Butuh bantuan ?